Presiden Jokowi Hadiri Peresmian Proyek Pembangunan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo

Presiden Jokowi Hadiri Peresmian Proyek Pembangunan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo

Sumber foto: utamanews / detik

Presiden Jokowi hari ini, Sabtu (8/4) meresmikan proyek pembangunan kereta api di Bandara Adi Soemarmo. Pada acara tersebut, Jokowi menargetkan agar proyek dapat selesai pada tahun 2018.

“2018 harus selesai. Artinya tidak sampai dua tahun. Kerja itu harus ditarget. Kalau tidak, mundur-mundur terus mangkrak. Kenapa cepat-cepat, karena negara di kanan kiri kita sudah meninggalkan kita. Singapura, Malaysia, Vietnam pun meninggalkan kita,” kata Jokowi, seperti dikutip Detik.

Kendala teknis macam pembebasan lahan juga menjadi perhatian Jokowi. Maka dari itu, ia meminta kepala-kepala daerah terkait untuk membantu menyelesaikan kendala tersebut. Pembebasan lahan dinilai tidak terlalu sulit. “Persoalan pembebasan lahan, bukan kendala, karena hanya sedikit kok. Ini ada bupati, wali kota, gubernur yang siap membantu proses pembebasan lahan,” ujar Jokowi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa jalur kereta yang akan dibangun ialah sepanjang 13,5 kilometer (km). Jalur tersebut dibagi menjadi dua bagian. Terkait target yang diberikan Jokowi, Budi Karya menilai target tersebut realistis. Sebelumnya, PT KAI malah menargetkan pertengahan tahun 2018 proyek ini bisa rampung.

Pembangunan Kereta Bandara sepanjang 13,5 km ini akan menghubungkan Stasiun Solo Balapan di kota Solo hingga Bandara Adi Soemarmo, yang terletak di kabupaten Boyolali. Dengan menggunakan kereta bandara ini, nantinya jarak tempuh dari kota Solo (Stasiun Solo Balapan) ke Bandara Adi Soemarmo hanya sekitar 15 menit saja.

Warga Yogyakarta juga bisa merasakan manfaat kereta bandara ini. Dari Yogyakarta menuju Bandara Adi Soemarmo hanya ditempuh sekitar 1 jam 11 menit. Dengan rute, Stasiun Yogyakarta – Stasiun Maguwo – Stasiun Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo sejauh 72,7 km.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend