Rapat Perdana Pansus Pelindo II, Netizen Bicara Masuk Angin Hingga Buwas

Raat Pansus Pelindo II – sumber foto: Istimewa

Menyikapi kasus dugaan korupsi di PT Pelindo II yang merupakan pengelola Pelabuhan Tanjung Priok, DPR RI membentuk Panitia Khusus (Pansus) Pelindo II. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rieke Diah Pitaloka terpilih sebagai Ketua Pansus. Nama-nama lain seperti Azis Syamsuddin (Golkar), Desmon J Mahesa (Gerindra) dan Teguh Juwarno (PAN) masuk sebagai wakil ketua.

Rieke menjanjikan, pansus ini akan bekerja sebaik mungkin dan tidak akan terkena’masuk angin’. “Nanti kita buktikan dengan kerja. Masukan masyarakat, bukti-bukti sudah ada tapi perlu dipelajari. Pengawalan media dan masyarakat penting agar tidak masuk angin,” tegas Rieke Diah sebagaimana dikutip MediaIndonesia.com

Membuktikan janjinya, Pansus Pelindo II menggelar rapat perdana pada Selasa, 20 Oktober 2015 kemarin. Rapat ini mengundang berbagai pihak yang dianggap mengetahui masalah korupsi di perusahaan BUMN pimpinan RJ Lino tersebut. Beberapa kasus yang dimaksud adalah pengadaan sepuluh crane yang merugikan negara hingga Rp 54 miliar; pelanggaran perpanjangan konsesi terhadap anak perusahaan Pelindo II, JICT, dengan perusahaan Hong Kong, Hutchison Port Holdings; dan dugaan penyelewengan lain yang melibatkan direktur utama perusahaan.

Hadir dalam rapat Pansus Pelindo II ini mantan Kabareskrim Polri, Komjen Polisi Budi Waseso. Pria yang akrab disapa Buwas ini terakhir menangani kasus korupsi Pelindo II sebelum tiba-tiba dipindahtugaskan sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Saya akan ungkap secara terbuka, tindaklanjuti betul-betul kasus itu, benar atau tidak,” tegas Buwas sebagaimana dikutip Tribunnews.com

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas rapat Pansus Pelindo II yang digelar DPR RI? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 21 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 5.186 tweet membicarakan tentang rapat Pansus Pelindo II. Netizen menyebut mereka menunggu hasil penyelidikan DPR tentang kasus korupsi di BUMN pengelola pelabuhan Tanjung Priok tersebut.

Netizen menanggapi pernyataan Rieke Diah Pitaloka, Ketua Pansus Pelindo II bahwa pansus tidak akan masuk angin. Lewat 554 tweet netizen menanyakan maksud masuk angin yang dibicarakan politikus PDIP tersebut.

Kemudian, netizen juga banyak menyambut kehadiran mantan Kabareskrim Polri, Komjen Polisi Budi Waseso. Netizen menyebut Buwas tahu banyak soal soal korupsi Pelindo II. Hal disebut netizen lewat 783 tweet. Lebih lanjut, netizen dukung Buwas memaparkan kasus korupsi pengadaan crane di Pelindo II tersebut melalui 556 tweet.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend