Rayakan Hari Pangan Sedunia, Netizen Ajak Publik Hargai Kerja Keras Petani

Peringatan Hari Pangan Sedunia – sumber foto: Istimewa

Hari ini, tepat tujuh puluh tahun lalu, Organisasi Pangan dan Pertanian, Food and Agriculture Organization (FAO), didirikan. 16 Oktober 1945 menjadi tonggak kiprah organisasi pangan dan pertanian di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam memastikan setiap penduduk dunia mendapatkan hak-nya atas makanan yang layak.

Sejak saat itu, setiap tanggal 16 Oktober, dirayakan di seluruh dunia sebagai Hari Pangan Sedunia (World Food Day). Tahun ini, perayaan Hari Pangan sedunia dipusatkan di event Expo Milano di kota Milan, Italia. Tema yang diusung pada peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2015 ini adalah “Social Protection and Agriculture: Breaking the Cycle of Rural Poverty” atau Perlindungan Sosial dan Pertanian: Memangkas Lingkaran Kemiskinan Pedesaan.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas perayaan Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat, 16 Oktober 2015? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 16 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 2.327 tweet membicarakan tentang Hari Pangan Sedunia.

Netizen Indonesia ramai mengucapkan Selamat Hari Pangan Sedunia dalam perayaan even ini. sebanyak 1.009 tweet menyampaikan ucaan selamat ini dan menjadikannya trendng topic di linimasa Twitter Indonesia.

Lebih lanjut, netizen menyampaikan harapan agar Indonesia bisa kembali menjadi negara penghasil pangan utama dunia dan mencapai swasembada pangan. Harapan ini dinyatakan netizen lewat 298 tweet.

Sementara itu, sebanyak 234 tweet dicuitkan netizen yang menghimbau publik untuk lebih menghargai kerja keras para petani yang menghasilkan pangan untuk kita konsumsi. Menurut netizen, profesi petani selama ini banyak dipandang miring sehingga Indonesia mengalami krisis petani.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend