Ribuan Warga Bolmong Turun Ke Jalan, Netizen Serukan #SaveIbuYasti

Bupati

Foto: Istimewa

Ribuan warga Bolmong menggelar aksi damai di Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Inobonto, Kecamatan Bolaang dan di depan kantor Bupati Bolmong, Kecamatan Lolak, Senin (31/7). Aksi berlangsung mulai pukul 13.00- 16.00 Wita.

Aksi damai ini melibatkan ribuan warga dari 15 kecamatan se-Bolmong. Massa berorasi di sekitar jembatan Kaiya. Keberadaan massa dan ratusan kendaraan roda empat dan dua yang mereka gunakan melumpuhkan juga jalan Trans Sulawesi.

Setelah berorasi di sini, massa melakukan long march menuju kompleks perusahaan PT Conch North Sulawesi Cement (CNSC). Massa berorasi menyampaikan aspirasi mereka di sini. Di sekitar perusahaan, ratusan polisi dari Polres Bolmong, Brimob Kompi Inuai dan Polda Sulut disiagakan.

“Kami, rakyat Bolmong turun ke jalan hari ini sebagai bentuk dukungan terhadap ketegasan bupati kami, pemangku adat tertinggi, yang menentang beroperasi perusahaan semen asing yang tak punya izin,” ujar Rahmat Algaus, kordinator aksi saat melakukan orasi.

“Kami juga meminta Polda Sulut meninjau lagi penetapan bupati kami sebagai tersangka dengan tuduhan merusak fasilitas perusahaan. Apa dilakukan bupati kami adalah bentuk penegakan aturan, bentuk konsistensi menjaga tanah leluhur ini dari beroperasinya perusahaan asing tanpa izin,” katanya.

Aksi warga Bolmong juga ramai diikuti oleh netizen Indonesia. Sebagian besar netizen menyatakan tidak setuju atas penetapan tersangka Bupati yang juga politisi asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini. Netizen pun beramai-ramai menyerukan tagar #SaveIbuYasti.

Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno juga terlihat berkicau melalui akun twitternya. Eddy menyampaikan apresiasinya atas kecintaan masyarakat Bolmong yang membela bupati mereka.

Usai berorasi di kompleks perusahaan PT CNSC, massa bergerak menuju kantor Bupati Bolmong. Aksi berakhir tetap berjalan damai hingga bubar pukul 16.00 Wita. Aksi ini menyebabkan jalan Trans Sulawesi macet total hingga beberapa jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend