Sebut Rizal Ramli Bingungkan Investor, Sofjan Wanandi Tuai Pembicaraan di Medsos

Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial yang menyebut akan menurunkan target pembangunan listrik dari 35 ribu megawatt (MW) menjadi 16 ribu MW ditanggapi oleh Sofjan Wanandi. Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofyan Wanandi menyebutkan bahwa pernyataan tersebut membuat bingung para investor.

Menurut Sofyan, Presiden Jokowi perlu menertibkan Rizal Ramli atas pernyataannya tersebut.‎ Ia melanjutkan pernyataan itu menurunkan kewibawaan presiden kata Sofjan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Rizal Ramli, lanjut Sofyan, boleh saja memberikan kritik atas proyek pemerintah. Namun, kritik itu tidak pantas disampaikan ke publik. Lagipula, jabatannya sebagai menteri tidak bisa mengoreksi keputusan presiden.

Sementara itu, Pernyataan Rizal Ramli akan mengoreksi pelaksanaan pembangkit listrik 35 ribu MW memang membuat kontroversi di masyarakat. Pantauan redaksi eveline, sepanjang 7-9 September 2015 pernyataan Rizal Ramli cukup ramai diperbincangkan. Sampai dengan berita ini diturunkan, tercatat 4.867 tweet berkicau soal ini.

Disisi lain, pendapat Sofjan Wanandi bahwa pernyataan Rizal Ramli membingungkan investor juga menarik netizen. Redaksi mencatat sebanyak 884 tweet disampaikan netizen perihal keinginan Sofjan agar Presiden menertibkan Rizal Ramli karena membuat investor menjadi bingung.

Dikutip dari rmol.co,  Kordinator Gerakan Mahasiswa 77-78, Syafril Sjofyan meminta agar Sofjan Wanandi tutup mulut alias tidak banyak cakap mengenai strategi pembangunan Indonesia. Lebih jauh, Sofjan Wanandi diminta untuk sadar bahwa NKRI bukan milik para investor, tetapi milik rakyat Indonesia yang punya martabat dan kemampuan. Pernyataan Syafril Sjofyan ini menuai tanggapan 260 tweet.

Menanggapi kritik dari Rizal Ramli, Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan bahwa Proyek 35 Ribu MW Jalan Terus. Lanjut JK, pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli tersebut bukanlah‎ keputusan dan ia menegaskan keputusan menteri tidak dapat mengubah keputusan presiden.

Netizen juga ramai membicarakan tanggapan JK atas kritik Rizal Ramli. 2.582 tweet disampaikan netizen meneruskan pernyataan JK bahwa proyek ini jalan terus dan keputusan Presiden tidak dapat dirubah oleh seorang Menko.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend