Selamat Hari Listrik Nasional, Netizen Sindir PLN Soal Listrik Padam

Hari Listrik Nasional – sumber foto: Istimewa

Hari ini, Selasa, 27 Oktober 2015, kita meperingati Hari Listrik Nasional. Penetapan Hari Listrik Nasional ini berdasarkan Keputusan Menteri Pertambangan Dan Energi Nomor 1134.k. / 43.pe /1992 tanggal 31 Agustus 1992. Sebelunya, sejak 27 Oktober 1946, peringatan tersebut bernama Hari Listrik dan Gas.

Dalam peringatan Hari Listrik Nasional ke 70 ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus ditangani perusahaan BUMN ini. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesatuan Komunikasi Korporat ‎Bambang Dwiyanto mengungkapkan, antara lain memasok listrik di seluruh penjuru Indonesia. Hal ini mengingat tingkat elektrifitas Indonesia yang masih kalah dibanding begara-begara Asia Tenggara lain, seperti Singapura, Malaysia Thaildan dan Brunei Darussalam.

“‎Tantangan kita melistriki Indonesia, karena angka rasio elektrifikasi masih 87 persen, artinya masih ada 13 persen penduduk Indonesia belum punya akses terhadap listrik,” kata Bambang sebagaimana dikutip dari Liputan6.com

Lebih lanjut Bambang menyebut, target PLN bisa mengalirkan listrik ke seluruh Indonesia dalam 5-6 tahun ke depan, sebagaimana yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo. “Artinya melistriki itu sesuai amanah Undang-undang, tidak hanya kewajiban PLN, tapi juga pemerintah pusat dan daerah, itu makanya tema kali ini bersama menerangi Indonesia,” tegas Bambang.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas peringatan Hari Listrik Nasional ke 70, yang jatuh hari ini, 27 Oktober 2015? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 27 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 4.732 tweet membicarakan tentang listrik di Indonesia.

Netizen ramai mengucapkan Selamat Hari Listrik Nasional melalui 3.198 tweet. Mereka menyatakan apresiasi terhadap kinerja PLN selama ini yang sudah berupaya menyediakan layanan listrik bagi seluruh masyarakat.

Melalui 1.056  tweet, netizen menyatakan harapan di Hari Listrik Nasional ini, PLN semakin meningkatkan pelayananna, sehingga seluruh rakyat Indonesia bisa menikmati listrik. Menurut netizen, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang.

Namun, tak sedikit netizen yang menyindir PLN mengenai seringnya terjadi pemadaman listrik di berbagai wilayah Indonesia. Melalui 1.010 tweet, netizen menyebut pemadaman listrik sangat merugikan publik dan PLN harus menjadikan hal tersebut prioritas utama penanganannya.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend