Tarif STNK dan BPKB Bakal Naik per 6 Januari 2017, Netizen Merasa Kecewa

Tarif STNK dan BPKB Bakal Naik per 6 Januari 2017, Netizen Merasa Kecewa

Sumber Foto: Istimewa

Pemerintah melalui Kepolisian Republik Indonesia akan menerapkan tarif baru penerbitan dan pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) serentak secara nasional mulai 6 Januari 2017.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri pengganti PP No 50 Tahun 2010. Kenaikan tarif tersebut mulai dari penerbitan STNK baru dan perpanjangan, pengesahan STNK, penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK) dan lain-lain, dengan kenaikan rata-rata 100 persen dari tarif awal.

Pantauan redaksi eveline pada media sosial twitter periode 2 – 3 Januari 2017, mendapati beragam komentar terkait naiknya tarif kepengurusan STNK dan  BPKB tersebut. Beberapa netizen merasa bahwa pemerintah benar-benar mempersulit rakyat dengan penetapan ini. Seperti yang dikicaukan oleh pemilik akun twitter @Oom_Nanang,  “Tahun 2017, Tarif Pengurusan STNK dan BPKB Naik Tiga Kali Lipat Ayo terus bikin sulit rakyat naikkan semua tarif2”.

Lebih lanjut netizen juga menyatakan bahwa seharusnya yang dinaikkan adalah pajak barang mewah, bukan pajak untuk kepentingan rakyat yang dinaikkan, “sehrsnya jgn pajak utk kpentingan rakyat yg dinaikin. Naikin pajak kendaraan brg mewah 500%,klo gni kan rkyt lg yg kena.” ujar @Gepeng_Kowi

Selain netizen, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga merespon keputusan pemerintah. Lewat juru bicaranya Daryanto, meminta agar pemerintah dapat menjelaskan perihal kenaikan tarif pengurusan STNK dan BPKB yang berlipat. Menurut dia, kenaikan tersebut akan semakin membebani masyarakat, terlebih biaya kenaikannya sampai tiga kali lipat.

Netizen benar-benar menyalahkan pemerintah terkait hal ini, bahkan presiden Jokowi pun dibawa-bawa dalam setiap kicauan menanggapi peraturan pemerintah yang dianggap membuat rakyat kecil menderita. Seperti kicauan @Andrepandu6, “habatt banget rezim gendeng.. Nyusahin rakyat kecil bisanya”.

Tidak sampai disitu, netizen juga memberikan sindiran keras terhadap Presiden RI ke-7 ini. Dengan mengatakan ini adalah hadiah awal tahun 2017. “Terimakasih Pak Jokuwi, kado tahun baru darimu sungguh spesial….” kicau @Addin_Tanduk.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend