Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta Akan Beroperasi, Netizen Harap Kenyamanan

Terminal 3 Ultimate

(Sumber foto: beritatrans.com/ uniqpost.com)

Terminal 3 Ultimate dengan luas 2 kali lipat terminal 1 dan 2 milik Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) akan segera beroperasi. Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) (Persero), Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini pekerjannya semakin mendekati selesai.

“Sudah 97% sekarang tinggal tahap commissioning. Alat-alat seperti AC (pengatur suhu), sistem pengambilan bagasi, dan sebagainya, perlu diujicoba,” kata dia saat ditemui di Bandara Supadio, Pontianak, Rabu (30/3/2016).

Secara fisik, bangunan Terminal itu disebutkan akan setara dengan bandara-bandara berkelas dunia, seperti Bandara Changi dan Bandara Kuala Lumpur.

“(Kriteria penilaian bandara) Pada dasarnya adalah pelayanan, safety, security. Itu harus dipenuhi, bangunan (Terminal 3 Ultimate) ini sudah memenuhi syarat fisik, kenyamanan. Tinggal kita tambahkan pelayanan dan pengamanan sehingga level kita akan naik,” kata Budi seperti dikutip dari detikFinance di Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (5/5/2016).

Yang perlu dilakukan oleh pihaknya hanya meningkatkan pelayanan dan keamanan bandara agar Bandara Soetta bisa masuk jajaran bandara kelas dunia. “Mestinya bisa kita menyaingi bandara-bandara terbaik dunia karena kriteria fisik kita sudah penuhi. Nanti kita tambahkan lagi pelayanan, IT, safety, mestinya kita berpotensi mengejar (Bandara Changi dan Kuala Lumpur),” paparnya.

Pantauan redaksi eveline periode 5 Mei 2016 pada media sosial twitter, mendapati netizen perbincangkan mengenai Terminal baru (Terimanl 3 Ultimate) di Bandara Soekarno-Hatta . Tercatat sebanyak 1.239 tweet dilontarkan netizen. Berikut komentar netizen terpantau tim redaksi eveline pada linimasa twitter.

“Goks… jadinya kek di korea…“, tulis akun netizen @IndraGunawanM, nampak tercengang, dan menyebut Terminal 3 Ultimate di Bandara Soekarno-Hatta seperti di Korea. Selanjutnya, netizen dengan akun @MuhAkbar199422 berharap terminal baru tersebut nantinya akan jauh lebih nyaman, @detikcom @detikfinance semoga makin nyaman yh..”.

Sementara itu, Budi juga menyebutkan terminal sepanjang 2,4 kilometer (km) dengan luas 43.000 m2 ini, selain menjadi terminal terbesar di Bandara Soetta, terminal ini juga memiliki banyak kelebihan. Diantaranya, memiliki kapasitas dapat melayani hingga 25 juta penumpang per tahun.

Selain itu terminal ini jauh lebih ramah lingkungan,  Terminal ini nantinya juga akan dilengkapi  berbagai macam mesin canggih untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Di samping itu, ruang tunggu Terminal 3 Ultimate pun dibuat dengan suasana lebih santai, dan lebih luas.

Lebih jauh, Terminal 3 Ultimate memiliki runway (landas pacu) yang panjang, bisa dipakai nantinya oleh pesawat-pesawat berukuran besar seperti Airbus 380 atau Boeing 777 yang berkapasitas penuh. Meskipun untuk tahun ini, runway belum dapat melayani Boeing 777 yang berkapasitas penuh (full load) tetapi runway akan terus dikembangkan sehingga pada 2017 bisa digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend