Beredar Video Tank Militer Turki Dihajar Bom Pejuang Kurdi

Foto: Mangolorean

Keputusan Turki untuk masuk ke Suriah dalam rangka menyerang pasukan ISIS dan pejuang Kurdi berbuah malapetaka. Satu orang tentara Turki tewas dan tiga lainnya terluka. Hari Sabtu kemarin (27/8) terjadi pertempuran antara tank Turki dan pasukan Kurdi dekat Jarablus, kota di perbatasan yang tiga hari sebelumnya direbut para pemberontak Suriah dari ISIS berkat bantuan Turki.

Turki menyatakan akan melanjutkan operasi militer sampai tidak ada lagi ancaman ‘teror’ dari arah Suriah -merujuk baik ISIS maupun pasukan Kurdi.

Turki khawatir, para pejuang Kurdi Suriah bisa menguasai wilayah sepanjang perbatasan, yang akan menjadi motivasi baru bagi Partai Pekerja Kurdistan (PKK), kelompok pemberontak Kurdi yang berjuang untuk otonomi yang dinyatakan terlarang di Turki.

Perlawanan pejuang Kurdi dalam pertempuran di Jarablus kemarin marak beredar di media sosial. Salah satunya adalah video hancurnya tank milik militer Turki. Seperti yang dilaporkan oleh akun twitter @curdistani.

Sementara itu pemerintah Suriah mengatakan telah menguasai lagi kota Darayyah, dekat Damascus, setelah pemberontak terakhir hengkang menyusul kesepakatan yang mengakhiri pengepungan selama empat tahun.

Kesepakatan itu memungkinkan pula ribuan warga sipil meninggalkan kota yang menderita pemboman dan kelangkaan bahan kebutuhan pokok selama bertahun-tahun.

Dikutip dari BBC, salah satu yang pergi meninggalkan kota itu adalah seorang bocah berumur empat tahun bernama Yazan, yang kemudian menikmati es krim untuk pertama kalinya setelah sepanjang hidupnya tak mengetahui apa puyn selain pengepungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend