Dicoret Sebagai Kandidat Pilgub Sumut, Netizen Bela JR Saragih

Foto: @evellocorp

Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara Jopinus Ramli Saragih-Ance Selian memastikan bahwa mereka akan melawan keputusan KPU Sumut yang mencoret pasangan yang diusung Demokrat, PKB dan PKPI ini.

Bupati Simalungun itu tak kuasa menahan tangis saat memberikan penjelasan kepada wartawan pasca pencoretan oleh KPU, Senin (12/2).

JR mengimbau seluruh pendukungnya untuk tetap menjaga kondusivitas. “Saya minta kepada masyarakat Sumatera Utara, ada dua juta pendukung JR. Saya minta jangan ada ribut, kita tempuh jalur hukum. Di atas manusia masih ada tuhan,” kata JR yang menitikan air mata usai rapat pleno KPU Sumut yang mencoret JR-Ance.

Dalam pernyataannya, JR menjelaskan kronologi terkait ijazah SMA Iklas Prasasti Jakarta Pusat, yang menyebabkan ia dicoret oleh KPU.

JR mengatakan, dalam keperluan pencalonanannya di Pilgub 2018, ia telah melegalisir ijazah SMA nya ke Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta. Disdik kemudian melegalisir ijazah JR pada 19 Oktober 2017. Legalisir ke Disdik diperlukan karena sekolahnya SMA Iklas Prasasti pada tahun ajaran 1993/1994 telah tutup.

Legalisir ijazah ini yang kemudian diserahkan ke KPU Sumut sewaktu pendaftaran 8-10 Januari lalu. Ia mengatakan, ijazahnya dilegalisir oleh Dinas.

“Kepala Dinas Pendidikan DKI yang tandatangan,” kata JR sembari menunjukkan fotokopi ijazah dan Nilai Ebtanas Murni (NEM)- nya.

Menggunakan aplikasi Evello, terlihat pasangan JR Saragih-Ance ramai menarik perhatian netizen. Pada pantauan evello terlihat bahwa pemberitaan dan perbincangan netizen terhadap paslon JR Saragih – Ance meningkat drastis. Pukul 13:00 WIB percakapan netizen terlihat meningkat tajam.

Pembelaan terhadap JR Saragih-Ance juga terlihat ramai disuarakan netizen. Menurut sebagian besar netizen, pencoretan yang dilakukan oleh KPUD Sumut cenderung mengada-ada.

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal melayangkan gugatan hukum pascajagoan mereka JR Saragih-Ance Salian tak lolos dalam proses seleksi administrasi sebagai calon Gubernur-Wakil Gubernur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara. JR-Ance diusung koalisi Partai Demokrat dan PKB.

“Pasangan JR-Ance akan lakukan gugatan hukum,” kata Ketua Desk Pemenangan Pemilu PKB Daniel Johan saat dihubungi, Senin, 12 Februari 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend