Drama Golkar, Setnov dan Airlangga, Netizen Pilih Mana?

Foto: Ilustrasi

Pekan kedua Desember 2017 bisa dikatakan milik partai Golkar. Bagaimana tidak, Golkar benar-benar disibukkan oleh beragam aktivitas dan isu, mulai dari sidang perdana kasus korupsi E-KTP yang menimpa Setya Novanto hingga rencana Munaslub Partai Golkar.

Sebenarnya Golkar tidak sendirian paling ramai menjadi perhatian netizen ujar Azis Subekti, peneliti senior evello. “Ada PKS yang ramai dipersekusi netizen dengan beragam isu, termasuk soal uztadzah yang tampil di Metro TV” ujarnya.

Menurut Azis, netizen lebih memilih untuk mengamati proses persidangan Setnov dibandingkan terpilihnya Airlangga Hartarto dalam rapat pleno partai Golkar.

Pendapat tersebut bukan tanpa alasan. Jumlah akun twitter terlibat dalam kicauan tentang Golkar dan Setya Novanto jauh mengungguli kicauan mengenai Airlangga Hartanto.

“Pekan ini, jumlah akun terlibat membicarakan mantan Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto mencapai 16.616. Sementara jumlah akun terlibat berkicau tentang Partai Golkar mencapai 6.565 akun” terangnya.

Bagaimana dengan Airlangga Hartanto? Azis menerangkan sejak ditetapkan sebagai Ketum Partai Golkar pada rapat pleno lalu, jumlah akun yang terlibat memperbincangkan Menteri Perindustrian hanya 1.258 akun.

Bahkan Aziz Syamsuddin sempat lebih ramai mendapat perhatian netizen ketimbang Airlangga Hartarto. Menurutnya, hal ini tidak lepas dari surat rekomendasi dari Setnov yang memilih Aziz Syamsuddin untuk menggantikan posisinya sebagai Ketua DPR.

Jumlah akun yang memperbincangkan Aziz Syamsudin mencapai 1.244 akun twitter. Terpaut tipis jika dibandingkan dengan Airlangga. Aziz sempat mencapai puncak perbincangan netizen dengan total 1.731 kicauan pada Senin (11/12/2017) lalu. Jauh mengungguli jumlah perbincangan netizen tentang Airlangga Hartarto.

“Ini menunjukkan hajat pergantian Ketua Umum Partai Golkar tidak menarik bagi netizen. Bahkan nama Airlangga Hartanto tidak terlalu dikenal publik. Netizen memilih untuk mengamati perkembangan kasus yang menjerat Setya Novanto” tutup Azis Subekti.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend