Evello: Berita Detik Banjir Di Gandaria Dibagikan Lebih Dari 4.000 Kali

Evello: Berita Detik Banjir Di Gandaria Dibagikan Lebih Dari 4.000 Kali

Foto: twitter

Keberpihakan media pemberitaan dalam politik memang sejak lama diprotes netizen Indonesia. Detik.com sebagai salah satu media terbesar di tanah air tak lepas dari sasaran kritik netizen tanah air. Detik telah dianggap ikut dalam dugaan praktik politik praktis.

Salah satu yang menjadi protes netizen adalah soal pemberitaan banjir Jakarta. Berita tentang banjir di Gandaria Jakarta Selatan dianggap oleh netizen menyudutkan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pada berita berjudul “Ada Genangan 20 cm Depan Gandaria City, Lalin Macet”.

Yang menjadi protes netizen adalah penggunaan gambar foto banjir di Palembang pada tahun 2016. Pada gambar terlihat banjir membuat kendaraan sulit untuk lewat.

Akibat kejadian tersebut, netizen makin yakin bahwa pemberitaan detik.com kerap digunakan untuk pembentukan opini dalam politik.

“Bukan hanya itu saja, banyak berita detik yg sengaja menyudutkan lawan politik rezim berkuasa” kicau akun @south_arlan.

Akun @bandabening juga berkomentar yang sama. “Hoax diperagakan secara telanjang oleh media yg sering disebut mainstream. Kegilaan dipertontonkan terang”an oleh para pendengki.” kicaunya pada Sabtu (28/10).

Pantauan redaksi eveline, berita tersebut telah berganti gambar. Sementara, pantauan dengan menggunakan evello Intelligent Tagging System berita berjudul “Ada Genangan 20 cm Depan Gandaria City, Lalin Macet” telah dibagikan sebanyak 4.372 kali melalui kanal media sosial Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend