Evello: Persiapan Digeber, Data Pemberitaan Arus Mudik Meningkat

Jalur Mudik Alami Macet Parah, Netizen Saling Beri Dukungan

Foto: Istimewa

Portal evello.co.id memperlihatkan terjadi peningkatan jumlah data pemberitaan mengenai arus mudik. Pantauan secara daring pada laman tersebut terlihat peningkatan intensitas pemberitaan mengenai arus mudik. Peningkatan ini terasa pada periode 11-14 Juni 2017.

Peneliti senior evello, Azis Subekti menyebutkan salah satu yang menjadi penyebab tingginya tren pemberitaan arus mudik dikarenakan sejumlah persiapan gencar dilakukan. Selain mempercepat sarana jalan, persiapan personel lapangan dan antisipasi pasar tumpah menyebabkan naiknya tren tersebut.

Seperti diketahui, pasar tumpah di sejumlah jalur utara dan selatan pulau Jawa menjadi masalah menahun setiap kali mudik lebaran. Salah satu bentuk antisipasi dilakukan oleh Polres Cirebon dengan menutup sejumlah pasar tumpah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada H-7 Lebaran. Pasar tumpah yang ditutup hanya yang berada di jalur pantura, yaitu Pasar Sandang Tegal Gubug, Pasar Minggu Palimanan, dan Pasar Gebang.

“H-7 kita larang berjualan, agar tidak menimbulkan kemacetan,” kata Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra, Rabu 14 Juni 2017.

Azis juga menyebutkan bahwa pada hari ini, Rabu (14/6) intensitas pemberitaan dan kicau publik tentang jalan tol mengarah pada tol Pejagan. “Dari grafik yang kami pantau, tol Pejagan hari ini tertinggi mengalahkan tol-tol yang lainnya” ujarnya.

Hal ini tidak lepas dari ramainya kicauan mengenai fasilitas yang tersedia pada ruas tol Pejagan. Seperti yang dikicaukan oleh akun twitter berikut.

Azis juga menyebutkan bahwa masyarakat dan pemangku kepentingan dapat mengakses laman evello.co.id untuk melihat pergerakan pemantauan arus mudik lebaran 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend