Goliat Tabuni Menyerah, Pengguna Medsos: Tidak Yakin OPM Siap Perang

Free West Papua

Setelah sekalian lama bergerilya di pegunungan Papua, Goliat Tabuni, Jenderal tertinggi Tentara Pembebasan Nasional / Organisasi Papua Merdeka (TPN / OPM) wilayah Tingginambut menyerahkan diri. Goliat tidak sendiri melainkan  membawa serta 23 pengikut setia beserta anak istrinya. Penyerahan diri dilakukan kemarin (23/3/2015) dihadapan aparat TNI. Goliat Tabuni menduduki jabatan tertinggi sebagai Jenderal TPN OPM sejak Desember 2012 dan malang melintang dalam berbagai operasi separatisme memperjuangkan kemerdekaan Papua.

Penyerahan diri Goliat Tabuni tidak saja disambut dengan terbuka oleh jajaran aparat keamanan di Papua, melainkan juga pengguna media sosial twitter. Pengamatan redaksi eveline, terdapat 3.184 tweet berkicau menyerahnya Goliat Tabuni sejak kemarin hingga sore ini (24/3/2015).  Pengguna twitter bahkan secara khusus menyambut baik Goliat Tabuni membawa serta pengikut dan sanak keluarnya. Tercatat 1.201 tweet berkicau tentang hal ini.

Meski demikian, penyerahan diri Tabuni tidak serta membuat pimpinan TPN / OPM lainnya memiliki sikap serupa. Pimpinan TPN / OPM lainnya Puron Wenda dan Enden Wanimbo menyatakan tidak akan menyerah. Pengamatan redaksi eveline, sebanyak 124 tweet berkicau keduanya menyatakan siap perang untuk memerdekaan Papua dari NKRI. Tidak sampai disitu, Puron Wenda dan Enden Wanimbo juga menyebutkan bahwa keberadaan TPN / OPM kerap digunakan oleh pejabat daerah Papua untuk mendapatkan uang dari pemerintah pusat dengan menjual isu pembebasan Papua. Pernyataan keduanya dibicarakan 426 kicauan di twitter sejak kemarin.

Penyerahan diri panglima TPN / OPM tidak serta merta membuat kelompok lainnya bersikap serupa. Kelompok-kelompok lainnya bahkan tetap menyatakan kemerdekaan Papua. Pengamatan redaksi selama satu (1) bulan terakhir terdapat  1.043 tweet berkicau kemerdekaan Papua.

One thought on “Goliat Tabuni Menyerah, Pengguna Medsos: Tidak Yakin OPM Siap Perang

  1. Anak Ingusan

    Goliat Tabuni masih berstatus Panglima OPM dan belum pernah menyatakan menyerah kepada TNI dan bergabung ke NKRI. Malahan Panglima OPM Ancam Angkat Senjata Jika Jokowi ke Papua…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend