Jaksa Agung Sewot Jawab Soal Tak Ditahannya Ahok, Netizen Ramai Menyindir

Jaksa Agung

(Sumber foto: akun twitter @wartapolitik /nusanews.org)

Pihak kejaksaan sudah melimpahkan berkas perkara kasus penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke pengadilan. Ketika ditanya ke Jaksa Agung, HM Prasetyo, ia terlihat sewot.

“Sekarang saya balik bertanya, kenapa harus ditahan,” kata Prasetyo dengan nada tinggi kepada wartawan usai menggelar pertemuan tertutup dengan pihak Kejati (Kejaksaan Tinggi) Riau di Pekanbaru, Kamis (8/12/2016).

Ahok sendiri dijerat dengan Pasal 156a KUHAP tentang Penistaan Agama dengan ancaman 5 tahun penjara. Artinya, pihak kejaksaan punya kewenangan penuh untuk menahan Ahok. Apalagi kasus serupa pernah terjadi dan para tersangkanya ditahan.

Ketika hal itu dipertanyakan, Prasetyo kembali menegaskan kenapa harus ada penahanan terhadap Ahok.  Kenapa tidak ditahan, karena ada kepentingan besar seperti Pilkada (Pilkada DKI Jakarta) dan lainnya. Jadi bagaimanapun setiap calon ada pendukungannya, jadi itu juga harus kita hargai,” ungkap Prasetyo.

Dia menegaskan bahwa saat ini pihaknya sudah menyelesaikan berkas perkara Ahok dan menyerahkannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara. “Sekarang kewenangannya ada di pengadilan. Terserah pengadilan mau menahan Ahok atau tidak,” pungkasnya.

Pantauan redaksi eveline, mendapati netizen ramai layangkan sindiran terkait sewotnya Jaksa Agung HM Prasetyo kala ditanya soal mengapa Ahok tak ditahan.  Berikut komentar netizen pada linimasa twitter. “ada kepentingan besar pengembang”. Kicau akun @satyapartii3, layangkan sindiran.

Nada sindiran serupa juga ditunjukkan ketiga netizen berikut,. “Ngak heran,bukan ga mungkin kejagung masuk angin apalagi die anak buah bang bewok”, tulis @KabayanAnom.  Sedang netizen lainnya menulis dengan aksen Jawa, “yo ra usah nesu pa’e… Nek ora wani yo jujur ora wani, keleh bewox yoo”. Dikicaukan akun @dadangewox.  Ada juga netizen dengan akun @ZaraZettiraZR menganggap aneh sikap sewot Jaksa Agung tersebut. “Suka sewotan juga? Satu gerbong sama nusron, brewok dan Penista agama kayaknya”.

Lebih jauh, seorang netizen nampak menduga-duga adanya sesuatu dibalik sikap sewot Jaksa Agung itu. “SEWOT itu tanda org salah atw sembunyikan kesalahan. Klo dia benar, biasa aja kale nyantai. Ga perlu “pakai” SEWOOT….”, tulis akun @ron_pal619.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend