Kopaja Tabrak Pengendara Go-Jek Hingga Meninggal, Netizen Dukung Cabut Trayek Kopaja

Gunawan, adalah pengemudi  Go-Jek yang meninggal dunia bersama istrinya Lilis karena ditabrak Kopaja 612 jurusan Kampung Melayu-Tebet, Rabu (16/9). Gunawan meninggal di lokasi  kejadian pada peristiwa kecelakaan tersebut sedangkan istrinya Lilis meninggal di Rs Jakarta Medical Center (JMC) dan  putra  mereka Aldo masih dalam kondisi  kritis.

Satu keluarga itu hendak mencairkan dana Kartu Jakarta Pintar (KJP) di Bank DKI Mampang.  Sebelum kecelakaan terjadi, pasutri itu menjemput Aldo anaknya yang duduk kelas 1 SD Sultan Hasanudin. Namun pada hari naas itu, ia tengah libur karena ingin mengurus pencairan dana Kartu Jakarta Pintar (KJP) putranya.

Kopaja 612 bernomer polisi  B 7664 RE dikemudikan oleh Budi Wahyono melaju dari arah Ragunan menuju Mampang, masuk jalur Trans Jakarta. Supir Kopaja 612 yang menjadi pelaku tabrakan beruntun mengaku sudah mengerem busnya. Sayangnya, ia mengatakan rem tersebut tak bisa masuk karena ada penghalang dibawah pedal remnya

Seperti dikutip dari laman Republika sang supir kopaja bertutur : “Saya udah nginjek rem. Kok keras, ternyata ada botol aqua dibawah pedal rem saya. Remnya jadi gak kerasa,” Kopaja lalu  menabrak motor Honda Beat BE 3360 QW yang dikemudikan Gunawan yang sedang di jalur Trans Jakarta untuk putar balik ke arah Ragunan. Selain menabrak motor, Kopaja lalu menabrak kendaraan Toyota Avanza B 1508 TIU yang dikemudikan Robi Sefiahandi yang saat itu juga akan memutar balik ke arah Ragunan.

Bagaimana publik, khususnya netizen Indonesia atas kecelakaan maut tersebut? Simak pantauan redaksi eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 16 – 17 September 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 2.493 tweet yang membicarakan tentang kopaja tabrak pengendara Go-Jek. Netizen juga menyampaikan pesan duka atas meninggalnya pengemudi Go-Jek sebanyak 977 tweet.

Sebagai bentuk solidaritas Massa Go-Jek berkumpul menghijaukan Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan. Semua berduka atas kepergian rekannya yang tewas dengan cara tragis di tabrak Kopaja 612 B 7664 RE yang melaju dengan kecepatan penuh di Jalur Trans Jakarta dari Arah Ragunan menuju Perempatan Mampang Perapatan. Solidaritas para pengemudi Go-Jek ini mendapat perhatian Netizen sebanyak 2.972 tweet.

“Ini bentuk solidaritas kita. Walaupun kita tidak kenal dengan Gunawan, korban. Tetapi kita tetap ikut berkabung atas kepergian rekan kita sesama sopir Go-Jek,” kata Coi, sopir Go-Jek yang tinggal di Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta.

Gubernur DKI terlihat tegas dalam menangani kasus kecelakaan Kopaja yang menabrak pengendara Go-Jek dan Mobil Avanza,  Ahok meminta kepada Dinas Perhubungan DKI untuk menghentikan dan cabut izin trayek kopaja tersebut. Pernyataan Ahok tersebut, juga mendapat dukungan netizen. Terbukti sebanyak 429 kicauan dilayangkan netizen mendukung mencabutan trayek kopaja yang ugal-ugalan.

****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend