(Kuis) Presiden Yang Terlupakan Gegara Pilkada DKI

Ketika Jokowi Sentil Cagub- Cawagub DKI di Haul ke-7 Gus Dur

Foto: Istimewa

Pilkada DKI memang tidak pernah ada habisnya untuk dibahas. Salah satu bahasan menarik adalah membandingkan jumlah cuitan Presiden Joko Widodo dengan kandidat cagub DKI Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan.

Pantauan redaksi menemukan bahwa jumlah akun yang terlibat dalam mencuit tentang Presiden Joko Widodo tidak lebih banyak dibandingkan akun-akun yang mencuit cagub DKI. Jumlah akun-akun yang mencuit tercatat mencapai 12.408 akun unik.

Pada periode yang sama 6-8 Apri 2017, jumlah akun-akun yang mencuit tentang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mencapai 14.697 akun. Sementara Anies Baswedan dicuitkan oleh 14.414 akun unik.

Melihat fakta tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa jumlah kicauan tentang Presiden Joko Widodo pada linimasa twitter pun akan terpaut jauh. Pada periode 6-8 April 2017, Jokowi dicuitkan netizen sebanyak 27.224 tweet.

Sementara pada periode yang sama, kicauan dengan frasa Ahok mencapai jumlah 62.889 tweet. Anies Baswedan dikicaukan sebanyak 46.469 tweet.

Berdasarkan angka-angka tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pilkada DKI 2017 begitu menarik perhatian netizen. Joko Widodo sebagai Presiden RI tidak lagi menjadi pusat keramaian perbincangan netizen. Apakah kuis yang kerap diselanggarakan Presiden adalah bagian untuk kembali menjadi episentrum keramaian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend