Menyamar Jadi Warga, Kapolda Sumsel Dipalak Anggota Sendiri

Menyamar Jadi Warga, Kapolda Sumsel Dipalak Anggota Sendiri

Sumber foto: elshinta / merdeka

Praktik pungutan liar sepertinya telah terjadi di berbagai lingkungan pemerintahan. Bahkan, fenomena ini juga membuat Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Djoko Prastowo turun tangan menyelidiki para anggotanya di lapangan. Ia pun menyamar sebagai warga sipil dan berpura-pura melanggar lalu lintas.

Ia pun kaget ketika menemukan praktik pungli tersebut. Parahnya, praktik ini dilakukan oleh anggota polri yang merupakan anak buahnya sendiri. Tanpa pikir panjang, Djoko langsung menangkap anggotanya tersebut.

“Ya, memang begitu salah satu caranya (menyamar). Anggota itu tetap memaksa minta duit damai, padahal waktu itu saya pura-pura ditilang saja. Dia (polisi pungli) saya tanya mana surat tugas, malah tidak bisa menunjukkan,” ungkap Djoko seperti dikutip Merdeka, Selasa (18/10) kemarin.

Pengguna media sosial twitter pun ikut berkomentar soal Kapolda Sumsel yang menangkap anggotanya sendiri karena terbukti melakukan praktik pungli. “Hahaha siapa suruh nggak kenal big boss sendiri 😂 🚨 #polisi,” tulis pengguna twitter @petewarrior yang menyindir anggota polisi tersebut.

Pengguna twitter @Sumarwoto991 menyebut praktik pungli di berbagai daerah seharusnya memang diberantas. “@MurtadhaOne @DivHumasPolri @merdekadotcom Gegap gempita “sapu bersih pungli ” harus terus berkumandang ,mengingat pungli dimana mana.”

Ada juga yang berkicau menyatakan salut atas pengusutan yang dilakukan oleh Kapolda Sumsel itu. “Meski lucuk, tapi kapolda ini patut diacungi 👍 Cc: @DivHumasPolri,” sebut akun @MurtadhaOne.

Djoko sendiri mengaku menyesalkan anggotanya masih melakukan pungli. Dirinya pun tak segan menindak tegas petugas kepolisian yang melanggar disiplin dan kode etik. “Genderang pungli ini sudah ditabuh Presiden, Kapolri juga sudah. Kita juga tabuh tapi tidak bikin kaget orang. Tapi Saya tak mau tinggal diam urusi pungli, pasti saya tindak,” tegasnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend