Nelayan Filipina Temukan Mutiara Terbesar Di Dunia, Menarik Perhatian Netizen

Nelayan

(Sumber Foto: www.zona1000.com/akun twitter @greenami1)

Seorang nelayan miskin asal Filipina berhasil menemukan sebuah mutiara yang diyakini akan menjadi mutiara terbesar yang pernah ditemukan di dunia. Bahkan besarnya lima kali lebih besar dari rekor sebelumnya. Mutiara itu memiliki lebar 61 cm dengan panjang 30 cm, serta berat 34 kg.

Mutiara tak ternilai harganya itu ditemukan di laut lepas pantai Pulau Palawan, Filipina sepuluh tahun lalu. Ia tak tahu nilai mutiara tersebut mencapai $100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Nelayan itu memilih untuk menyimpannya sebagai jimat keberuntungan di rumah kayunya yang kumuh. Namun, akhirnya ia menyerahkan ke petugas pariwisata setempat di daerah Puerto Princessa. Besarnya mutiara itu sontak membuat petugas tercengang.

“Nelayan melemparkan jangkar ke bawah dan terjebak di atas batu saat badai. Dia melihat dan berenang ke bawah untuk menarik jangkar, dan membawa batu mutiara tersebut serta menyimpannya selama satu dekade,” kata petugas pariwisata, Aileen Cynthia Amurao.

Petugas merasa kagum karena nelayan itu bersedia membawa batu itu ke petugas pariwisata. Kini petugas pariwisata setempat sedang menunggu otentikasi dari Gemologist Institute.

Mutiara tersebut kini sudah dipamerkan ke publik. Jika sudah dipastikan benar oleh para ahli batu berharga, maka akan mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, yakni mutiara Lao Tse (Pearl of Lao Tze), seberat 6,4 kg yang juga ditemukan di wilayah yang sama pada tahun 1934.

Pantauan redaksi eveline mendapati perhatian para netizen dunia berkomentar mengenai mutiara terbesar di dunia yang ditemukan nelayan Filipina. Berikut komentar netizen dunia pada linimasa twitter. “as per daily mail, it costs $100m. Palawan LGU should hav educated d poor fisherman of the actual cost before they accepted the gem”, nampak memberi perhatian pada hak dan kesejahteraan nelayan penemu mutiara tersebut, tulis akun netizen @Benjie07

Selanjutnya, netizen dengan akun @CCRESnet menyebutkan nama seorang professor terkait penemuan ini, “Has Prof Gomez seen this pearl?”.

Sementara itu, ada dua netizen yang nampak keheranan ketika mengetahui perihal mutiara terbesar di dunia ini, “Must have been one hell of an oyster!”, tulis akun @boomshankaruss sebut mutiara ini salah satu tiram dari neraka.

Sedang akun @VeraHorigue mencoba menduga jika mutiara ini mungkin saja adalah sejenis tumor yang diderita seekor kerang laut selama bertahun-tahun hingga mengeras atau membatu, “‘se“he got asked a couple of times to check on a really big pearl & giantclam not sure bout this tho, I also remembered EDG said that sometimes it is not a pearl, but a tumor! Amazing!”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend