Netizen Bangga TNI Berjaya di Kejuaraan Terjun Payung Malaysia

TNI AD Juara Umum Terjun Payung di Malaysia – sumber foto: Istimewa

Tentara Diraja Malaysia menggelar kejuaran terjung payung yang bertajuk “The Terengganu Challenge Parachuting Championship and Malaysian Armed Forces Parachuting Championship 2015“. Berlangsung pada 19 – 26 Oktober 2015, acara tahunan ini mempertandingkan 5 nomor pertandingan, yaitu akurasi sport perorangan, akurasi tim, akurasi militer, kerjasama di udara dan kerjasama tim.

Yang menggembirakan adalah, empat dari lima nomor yang dipertandingkan berhasil direbut Tim Persatuan Terjun Payung Angkatan Darat (PTPAD) TNI AD Republik Indonesia. Tim TNI AD terdiri dari 22 atlet terjun payungnya dan berhasil menjadi juara umum setelah meraih 4 emas, 1 perak dan 1 perunggu, mengalahkan 29 tim dari berbagai negara di kawasan Asia serta swasta.

Staf Penerangan Kopassus Mayor Achmad Munir menyebut pengiriman tim penerjun TNI dalam kejuaraan tersebut untuk mengukur kemampuan prajurit TNI dibanding negara lain. Hal ini menambah daftar panjang prestasi TNI di kejuaraan internasional setelah pada Mei 2015 lalu menjadi juara umum kejuaraan menembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) di Australia.

“Tujuan mengikuti kejuaraan ini adalah untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan para atlet terjun bebas militer di dunia internasional, khususnya Asia tenggara,” ujar Munir sebagaimana dikutip dari Kompas.com

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas kemenangan tim terjun payung TNI AD dalam kejuaraan internasional di Malaysia? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 25 – 26 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 1.530 tweet membicarakan tentang prestasi TNI AD yang menjadi juara umum kejuaraan terjun payung di Malaysia. Netizen menyatakan kegembiraan dan kebanggaan atas prestasi tersebut.

Netizen menyebut, dari 5 medali emas yang diperebutkan, tim TNI AD meraih empat diantaranya. Hal ini merupakan hal luar biasa ungkap netizen lewat 423 tweet. Lebih lanjut, netizen mengucapkan selamat kepada tim terjun payung TNI AD atas prestasinya tersebut melalui cuitan sebanyak 327 tweet.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend