Netizen Berduka Atas Jatuhnya Pesawat Hercules TNI AU di Medan

Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Medan – sumber foto: Istimewa

Pesawat Hercules A1310 milik TNI Angkatan Udara hari ini, Selasa 30 Juni 2015 dikabarkan jatuh terbakar di Medan. Pesawat pengangkut militer tersebut jatuh sekitar 2 menit setelah take off dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo pada pukul 12.08 WIB. Pesawat yang tengah mengangkut logistik ke Tanjung Pinang ini jatuh di tengah perumahan penduduk di Jl. Jamin Ginting Simpang Perumnas Simalingkar Kota Medan. Lokasi jatuhnya pesawat sekitar 5 kilometer dari Lanud Soewondo.

Menurut saksi mata, pesawat Hercules nampak menukik tajam ke arah perumahan penduduk. Sebelum kemudian menimpa sebuah mobil Fortuner dan mengenai dua buah ruko yang tengah dibangun. Pesawat kemudian meledak dan terbakar hebat. Sebelum jatuh, pilot pesawat Hercules C130 dengan nomor registrasi A1310 sempat meminta return to base (RTB) kepada menara pengawas. Hal ini disampaikan Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan, JA Barata. Namun sayangnya, beberapa saat setelah permintaan RTB, pesawat mendadak berbelok ke kanan dan jatuh sebelum kontak kembali dengan APP Medan.

Mendapatkan laporan jatuh dan terbakarnya pesawat Hercules di Medan, lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Selain berusaha memadamkan api yang berkobar, petugas juga nampak berusaha mengevakuasi korban, baik yang luka maupun tewas. Menurut keterangan Kapuspen TNI Mayjen TNI Fuad Basya, berdasarkan informasi dari lapangan, lima jenazah ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat Hercules TNI AU. Sementara, berdasarkan Humas Rumah Sakit Adam Malik, Sairi M Saragih, pihaknya sudah menerima 11 kantong jenazah dan merawat seorang warga yang mengalami luka bakar.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia terhadap jatuhnya pesawa Hercules TNI Angkatan Udara di Medan hari ini? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 30 Juni 2015 hingga pukul 13.15 WIB. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 6.191 tweet membicarakan jatuhnya pesawat Hercules milik TNI AU di Medan.

Lewat 894 tweet, netizen menyebut lokasi jatuhnya pesawat Hercules di Jalan Jamin Ginting Simpang Perumnas Simalingkar Kota Medan. Netizen juga menyoroti pesawat di kawasan perumahan penduduk dan menimpa rumah warga. Sebanyak 768 tweet menyebut hal ini.

Selain korban jiwa, netizen juga menyebut pesawat Hercules menimpa sebuah mobil Fortuner. Hal ini dinyatakan netizen lewat 298 tweet. Sementara, dua buah ruko yang rusak tertimpa badan pesawat disebut netizen lewat 215 tweet.

Terkait dengan pesawat Hercules tersebut, netizen menyebut pesawat pengangkut militer ini milik TNI Angkatan Udara. Lewat 2.561 tweet, netizen menyebut pesawat tengah membawa logistik dari Medan ke Tanjung Pinang.

Mayoritas netizen pun menyatakan ungkapan duka atas kejadian nahas ini. Lewat 1.092 tweet netizen juga mendoakan agar para korban selamat. Secara khusus, netizen mendoakan Kapten Penerbang Sandi, pilot pesawat Hercules yang jatuh agar selamat. Hal ini dinyatakan netizen lewat 244 tweet.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend