Netizen Dukung Penetapan 22 Oktober Sebagai Hari Santri Nasional

Penetapan Hari Santri Nasional – sumber foto: Istimewa

Setelah beberapa lama tak terdengar kabarnya, Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siraj kembali menyebut soal rencana penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Sebelumnya, saat istiqasah menyambut Ramadhan 1436 Hijriah dan pembukaan Munas Alim Ulama Nahdlatul Ulama, Juni 2015 lalu, Kyai Said menyebut hal serupa.

“Pak Jokowi pada dasarnya merestui,” ungkap Kyai Said sebagaimana dikutip dari Tempo.co

Lebih lanjut, proses penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional tengah masuk proses administrasi di Kementerian Agama dan Kementerian Sosial. berbagai ormas Islam di Indonesia yang dimintai pendapat mengenai penetapan Hari Santri Nasional oleh pemerintah juga telah menyatakan persetujuannya.

Jika tidak ada halangan, pemerintah akan menetapkan secara resmi Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2015 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini.

“Kalau mendengar bocorannya, insyaallah tanggal 22 Oktober pemerintah akan menetapkan Hari Santri Nasional,” jelas Helmy.

Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional, berbagai acara telah dipersiapkan, antara lain Kirab Hari Santri Nasional, 16-22 Oktober, berangkat dari Tugu Pahlawan Surabaya melewati 30 PCNU sepanjang jalur Pantura dan berakhir di Tugu Proklamasi Jakarta. Juga akan berlangsung ziarah, bahtsul masail, istighotsah, lailatul ijtima, pengobatan gratis, dan pagelaran seni.

Yang paling istimewa, menuju hari penetapan, akan dilakukan ekspedisi pelayaran Hari Santri Nasional menggunakan kapal perang yang diikuti 1.000 santri dengan melibatkan badan otonom, pesantren, dan ormas-ormas Islam. Dalam ekspedisi tersebut akan diselenggarakan apel lintas laut Jakarta-Surabaya-Bali.

Bagaimana tanggapan pubik, khususnya netizen Indonesia atas rencana penetapan Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2015 mendatang? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 6 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 2.531 tweet yang membicarakan tentang Hari Santri Nasional.

Mayoritas netizen Indonesia menyatakan dukungan atas rencana penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Menurut netizen, kontribusi santri dan kaum ulama dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia patut dihargai dan penetapan Hari Santri Nasional adalah salah satunya. Hal ini diungkapkan netizen lewat 1.843 tweet.

Lebih lanjut, netizen menyebut warga Nahdlatul Ulama (NU) menyambut gembira rencana penetapan Hari Santri Nasional ini. Lewat 519 tweet, netizen menyebut pemilihan tanggal 22 Oktober merupakan pengingat atas Resolusi Jihad yang disuarakan para ulama NU di bawah kepemimpinan KH Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945 di Surabaya.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend