Netizen Dunia Berduka Aplikasi MS Paint Akan Dihapus Microsoft

Netizen Dunia Berduka Aplikasi MS Paint Akan Dihapus Microsoft

Foto: Istimewa

Hanya dalam tempo dua hari, frasa Microsoft Paint menuai 255.046 kicauan dari netizen seluruh dunia. Hal ini terpantauan oleh evello pada 25-26 Juli 2017 pada linimasa twitter. Ramainya perbincangan netizen dunia ini tidak lepas dari rumor bahwa aplikasi ini akan dihentikan oleh pembuatnya, Microsoft.

Microsoft, Senin (25/7), mengumumkan akhir dari aplikasi perintisnya Paint karena akan fokus pada piranti lunak untuk gambar 3-D.

Piranti lunak menggambar dan pengolahan citra tersebut mulai diluncurkan pada 1985 dengan sistem operasi Windows termasuk di antara aplikasi yang terdaftar sebagai aplikasi yang “dihapus atau tidak berlaku lagi” dalam Windows 10 Fall Creators yang akan dijadwalkan dirilis akhir tahun ini.

Fitur atau fungsi dalam daftar itu “tidak dalam pengembangan aktif dan mungkin akan dihapus dalam perilisan mendatang,” menurut perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS) tersebut, seperti dilansir AFP.

Meskipun layanan aplikasi ini tetap dipertahankan dengan pembaharuan untuk gambar-3D, netizen tetap merasa harus mengekpresikan rasa sedihnya. Seperti yang diutarakan oleh netizen berikut ini.

Seperti diketahui, versi awal aplikasi ini dirilis pada Windows 1.0 pada tahun 1985 lalu. Aplikasi tersebut kemudian menjadi editor grafis pertama yang digunakan oleh banyak orang dan menjadi bagian inti Windows.

Mulai rilis dengan versi sederhana, yakni monokrom 1-bit dari Kuas PC ZSoft. Aplikasi tersebut tidak bisa menyimpan gambar dengan versi JPEG hingga Windows 98. Sebelum tahun 1998, Paint terbatas pada format bitmap (BMP) dan PCX.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend