Netizen Dunia Dikejutkan Aksi Teror di Burkina Faso

Burkina Faso

Dunia kembali dikejutkan aksi teror bom dan serangan bersenjata di Burkina Faso, Afrika Barat, pada Jum’at (15/01/2016) malam waktu setempat. Padahal belum juga hilang dalam ingatan kita, atas duka teror bom beberapa hari lalu yang terjadi di jantung ibukota Indonesia di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta. BBC melaporkan setidaknya 20 orang telah tewas, dan 15 korban luka-luka dalam rangkaian serangan tersebut.

Kawasan tempat serangan terjadi adalah daerah yang biasanya dijadikan tempat berkumpulnya WNA dan para staf PBB.  Para saksi mata mengatakan dua mobil meledak sekitar pukul 07.30 waktu setempat. Mereka juga melihat sejumlah orang menyerbu masuk ke Hotel Splendid di Ouagadougou, ibu kota Burkina Faso.

Sampai saat ini, satu-satunya klaim penanggungjawab serangan itu berasal dari kelompok Al Qaeda di Maghreb. Saksi mata mengatakan para penyerang mengaku berasal dari ISIS. “Namun sebuah kelompok yang berafiliasi kepada Al-Qaeda menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu,” demikian seperti dikutip Daily Mail.

Seorang netizen bertanya mengenai siapa dalang dibalik serangan teror bom di Burkina Faso, @uno_vic, misalnya, “Dan berikutnya adalah #BurkinaFaso !! #ISIS atau #AlQaeda ??”, dan selanjutnya, @AliKheradpir berkicau, “Security forces ended a siege by alQaeda at a hotel in #BurkinaFaso ‘s capital, killing 3 gunmen. At least 20 civilians killed. #terrorism”.

Pantauan redaksi eveline pada periode 16 Januari 2016 perbincangan tentang dunia dikejutkan aksi Teror di Burkina Faso oleh Netizen dunia menuai cuitan sebanyak 77.049 tweet. Sedang puncak tweet pada pukul 08.00 WIB, tercatat sebanyak 11.838 kicauan.

Kabar berita Teror di Burkina Faso yang baru terjadi ini begitu mengejutkan para onliner dunia, yang segera bereaksi mengecam dengan keras tindakan teroris di Burkina Faso yang menewaskan sekitar 20 orang dan beberapa korban luka-luka. Netizen dari beberapa benua dan negara-negara lain di dunia terpantau sahut-menyahut, oleh redaksi eveline mengalirkan kicauannya pada laman twitter.

Tim redaksi eveline mencatat jumlah tweet terbanyak yang datang dari netizen Amerika Serikat, yakni sebanyak 31.198 tweet. Dengan jumlah kicauan paling sedikit mengalir dari benua Afrika sebanyak 3484 tweet, diikuti oleh negara Indonesia sebanyak 4.202 tweet.

Sementara itu benua Eropa menempati urutan kedua setelah negara Amerika dengan kicauan yang mengalir sebanyak 23.863 tweet. Menampakkan para onliner di benua tersebut menaruh simpati yang cukup besar atas kejadian serangkaian teror di Burkina Faso. Sedang netizen dari Benua Asia tercatat mengalirkan kicauan sebanyak 9.638 tweet.

Ucapan simpati dan doa terus mengalir dari netizen dunia, melalui hastag #BurkinaFaso, redaksi eveline merangkumya untuk Anda. “Triste pour mes amis du #BurkinaFaso”. Kicau @nacirimo turut berduka atas teror bom di Burkina Faso yang memakan korban jiwa dan luka-luka. Selanjutnya, “Wow…. Waking up to the news about #BurkinaFaso. God bless and protect them”, cuit @gabygoury ucapkan doa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend