Netizen Dunia Perbincangkan Tewasnya Eksekutor ISIS Jihadi John

Dalam edisi terbaru majalah Dabiq (19/1) kelompok militan ISIS akhirnya membenarkan kabar tewasnya “Jihadi John” alias Mohammed Emwazi, alias Abu Muharib al-Muhajir. Jihadi John dikenal sebagai eksekutor kelompok tersebut yang tampak mengenakan topeng dalam serangkaian video yang memperlihatkan pemancungan sandera-sandera ISIS.

Dalam majalah online Dabiq, ISIS mengatakan Emwazi tewas pada 12 November 2015 “Ketika mobil yang ia tumpangi menjadi sasaran serangan oleh pesawat tanpa awak di kota Raqa, menghancurkan mobil itu dan membunuhnya seketika” papar ISIS.

Emwazi turut serta dalam beberapa pembantaian, seperti kepada tiga wartawan AS, James Foley, Steven Sotloff dan Abdul-Rahman Kassig; sukarelawan AS, David Haines; sukarelawan asal Inggris Alan, dan juga wartawan asal Jepang, Kenji Goto.

Kematian tokoh eksekutor ISIS yang paling dicari oleh Amerika Serikat dan sekutunya ini tentu menyentak pengguna media sosial dunia. Tak terkecuali adalah pengguna twitter. Pantauan redaksi eveline.co.id pada 20 Januari 2016, kematian Jihadi John menjadi ramai diperbincangkan.

Jumlah tweet yang beredar pada linimasa twitter hingga pukul 22:00 WIB (Rabu, 20/1) mencapai 37.918 cuitan. Puncak perbincangan netizen dunia terjadi pada pukul 04.00 dinihari tadi dengan jumlah cuitan mencapai 7.856 tweet.

Tidak saja netizen dunia, netizen Indonesia pun pada hari ini (20/1) cukup ramai perbincangkan kabar resmi kemarian Jihadi John. Jumlah tweet perbincangkan kematian Jihadi John ini mencapai 2.010 kicauan.

Netizen Amerika pun cukup ramai perbincangkan kemarian Jihadi. Sebanyak 17.785 tweet diluncurkan onliner negeri Paman Sam tersebut menyingkapi kematian sang algojo.

Seperti diketahui, Jihadi John sendiri pertama kali muncul dalam sebuah video pada Agustus 2014 yang memperlihatkan pemancungan James Foley, 40, seorang wartawan freelance yang ditangkap di Suriah pada 2012.

***

One thought on “Netizen Dunia Perbincangkan Tewasnya Eksekutor ISIS Jihadi John

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*