Netizen Kecam Pengeboman Masjid di Arab Saudi Oleh ISIS

Bom Bunuh Diri ISIS di Masjid Arab Saudi – sumber foto: Istimewa

Kelompok teroris ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) kembali melakukan aksi pengeboman di Arab Saudi hari ini, 27 Oktober 2015. Dilakukan dengan cara bom bunuh diri, ISIS menyerang sebuah masjid kelompok Syiah di kota Najran, sebelah selatan Arab Saudi yang berbatasan dengan Yaman. Setidaknya satu orang tewas dan 16 lainnya luka parah akibat aksi teror ini.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyebut, sebagaimana dilansir dari Al Jazeera, pelaku bom bunuh diri meninggalkan catatan di dalam mobil yang dikendarainya yang ditujukan kepada orang tuanya. Dia menyebut tindakannya itu untuk menghancurkan kelompok Ismaili—mengacu pada cabang Syiah Ismaili.

Ini bukan kali pertama ISIS melakukan penyerangan terhadap kelompok masyarakat Syiah di Arab Saudi, khususnya di wilayah Najran. Setidaknya dalam tahun ini, sudah 4 kali ISIS melakukan pengeboman terhadap kota yang hampir separuh penduduknya adalah kaum Syiah.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas pengeboman masjid di Arab Saudi oleh ISIS? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 27 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 3.278 tweet membicarakan tentang pengeboman masjid di Arab Saudi.

Netizen menyebut, pengeboman tersebut dilakukan oleh ISIS dengan cara bom bunuh diri. Netizen keras mengecam tindakan brutal kelompok teroris ini. Hal tersebut diungkapkan netizen lewat 1.074 tweet.

Lebih lanjut, netizen menyebut, pengeboman dilakukan dengan target kelompok Syiah di Arab Saudi. Lewat 758 tweet, netizen menyebut bom bunuh diri merupakan tindakan tidak berperikemanusiaan. Lebih lanjut, netizen menyatakan duka cita atas jatuhnya 1 korban tewas dan belasan lainnya luka-luka akibat tindakan teror oleh ISIS ini. Pernyataan dukacita tersebut dinyatakan melalui 947 tweet.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend