Netizen Penasaran Pengendara Motor Bawa Bendera ISIS di Solo

Pengendara Motor Bawa Bendera ISIS di Solo – sumber foto: Istimewa

Masih terkait dengan kasus kerusuhan SARA di Tolikara Papua yang terjadi saat perayaan Idul Fitri 17 Juli 2015 kemarin, berbagai elemen masyarakat, khususnya umat Islam di Indonesia bereaksi. Salah satunya aksi damai yang digelar sejumlah elemen umat muslim di kota Solo Jawa Tengah pada Jumat 24 Juli 2015.

Dalam acara yang dihadiri ribuan peserta tersebut, umat Islam Solo melakukan longmarch dari Lapangan Kota Barat menuju Bundaran Gladak untuk mengajak semua pihak menyikapi kerusuhan Tolikara dengan damai dan tidak terprovokasi. Namun, aksi damai tersebut sempat ternoda ketika beberapa waktu sebelum para peserta pawai datang, nampak beberapa pengendara sepeda motor misterius melintas di Bundaran Gladag sambil membawa bendera hitam mirip bendera ISIS.

Menurut keterangan para saksi, beberapa pengendara motor itu berboncengan dengan wajah tertutup masker. Mereka sempat berhenti sejenak di jalur lambat, kemudian pergi meninggalkan lokasi tersebut dengan menggeber gas cukup kencang.

Juru bicara aksi damai Endro Sudarsono menyatakan pihaknya tidak mengetahui aksi pengendara motor berbendera ISIS tersebut. Dia juga memastikan orang-orang tak dikenal tersebut bukanlah peserta aksi damai. “Kami pastikan mereka bukan bagian dari peserta aksi damai,” tegas Endro sebagaimana dikutip dari Tempo.co

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas aksi pengendara motor misterius yang membawa bendera ISIS sebelum aksi damai umat Islam di Solo? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 25 Juli 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 54.477 tweet membicarakan tentang kelompok teroris ISIS.

Terkait dengan adanya beberapa pengendara motor yang membawa bendera ISIS di kota Solo Jawa Tengah, netizen membicarakannya lewat 1.793 tweet. Netizen banyak yang penasaran dengan aksi tersebut. Mereka juga mempertanyakan siapa pengendara motor yang melakukan provokasi dengan membawa bendera ISIS sesaat sebelum aksi damai umat Islam.

Masih terkait ISIS, netizen Indonesia kembali menegaskan bahwa ideologi kelokpok teroris berbasis di Irak dan Suriah tersebut berbahaya. Lewat 491 tweet netizen menegaskan hal ini. Terkait dengan aksi damai umat Islam di Solo, netizen Indonesia melalui 528 tweet menyatakan dukungannya.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend