Netizen Perbincangkan Militan Al-Shabab Serbu Restoran di Somalia

Militan

Militan Al-Shabaab menyatakan sebagai dalang aksi teror di balik serangan yang terjadi di sebuah restoran di Ibukota Somalia. Kelompok militan bersenjata ini menyerbu restoran Hotel Lido Beach View pada Kamis (21/1/2016) malam, dengan meledakkan bom, dan menembaki para tamu restoran.

Saksi mata di sekitar lokasi kejadian menyebutkan, serangan itu telah menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai empat orang lainnya. Namun Hingga berita ini dimuat, pihak keamanan setempat disamping telah berhasil mengendalikan situasi di restoran, juga menerangkan jumlah korban tewas dalam kejadian itu menjadi 20 orang.

“Pasukan berhasil menyelamatkan banyak warga yang terjebak di dalam restoran tersebut. Kejadian berlangsung di saat diadakannya sebuah pesta pada Kamis 21 Januari,” ujar petugas polisi Somalia Kapten Mohamed Hussein, seperti dikutip Associated Press, Jumat pagi (22/1/2016).

Sementara saksi menyebutkan, para militan bersenjata masuk ke dalam restoran dari arah pantai. Mereka melepaskan tembakan ke arah pengunjung restoran. “Mereka melepaskan tembakan membabi buta ke arah warga yang duduk di pantai, sebelum akhirnya masuk ke restoran,” tutur seorang saksi bernama Ahmed Nur.

Netizen dunia meramaikan perbincangan tentang militan Al-Shabaab lakukan teror di restoran Hotel Lido Beach View Somalia. Data yang dikumpulkan oleh  redaksi eveline pada periode 22 Januari 2016 menemukan sebanyak 15.846 kicauan. Puncak perbincangan netizen dunia terjadi pukul 01:00 waktu Indonesia, sebanyak 2566 tweet.

Di Amerika, serangan militan Al-Shabaab lakukan teror di restoran Hotel Lido Beach View Somalia ini diperbincangkan hingga 5280 tweet. Jumlah tersebut sekaligus menghantarkan Amerika Serikat dengan jumlah tweet terbanyak, sedang Eropa menempati urutan kedua, dengan jumlah tweet sebanyak 4036 tweet, yang diikuti netizen dari negara Afrika dengan 3.345 tweet.

Bagaimana dengan netizen Indonesia? redaksi eveline mencatat jumlah data tweet yang dilontarkan para onliner Indonesia mencapai 786 kicauan. Jumlah tweet dari netizen Indonesia sekaligus menunjukkan bahwa masyarakat di Indonesia cukup menaruh perhatian serius atas aksi terorisme yang sedang marak terjadi di dunia.

Seorang netizen dengan nama, @towersight, berkicau mengenai situasi penyerangan militan Al Shabab di restoran hotel Lido Beach Somalia, di mana korban mungkin berada dalam situasi penyanderaan, Somalia Al Shabab attack hotel & restaurant on Mogadishu Lido beach w car bomb & gunmen ..Possible hostage situation. #CT”.

Aksi teroris militan Al Shabaab ini bukanlah yang pertama. Pekan lalu, Militan al-Shabab juga menyerang sebuah pangkalan militer Uni Afrika (15/1/2016) di Somalia barat daya, dekat perbatasan dengan Kenya, yang menurut laporan menewaskan puluhan tentara Kenya yang bekerja untuk misi Uni Afrika.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend