Netizen Ramai Bicarakan Kasus Suap PTUN Yang Libatkan OC Kaligis & Gubernur Sumatera Utara

Kasus Suap Hakim PTUN Medan – sumber foto: Istimewa

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di kantor Pengadilan Tata Usaha Negara di Medan. Dalam operasi yang digelar Kamis, 9 Juli 2015 siang tersebut, penyidik KPK menangkap 5 orang pelaku tindak rasuah, yang terdiri dari 3 orang hakim, seorang panitera pengadilan dan seorang pengacara.

Belakangan dikethui kelima orang tersebut adalah Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro, dua anggota majelis hakim PTUN Medan Amir Fauzi dan Dermawan Ginting, seorang hakim panitera PTUN Medan yang juga sekretaris PTUN Medan, Syamsir Yusfan dan seorang pengacara M Yagari Bhastara alias Gerry. Gerry sendiri merupakan anak buah pengacara seior Otto Cornelius (OC) Kaligis.

Penyuapan hakim PTUN ini terkait dengan kasus sengketa antara mantan Ketua Bendahara Umum Daerah (BUD) Pemprov Sumut, Fuad Lubis dan Kejaksaan Tinggi Sumut. Dalam penangkapan di PTUN Medan, KPK juga mengamankan uang suap senilai 15 ribu dolar Amerika Serikat, serta 5.000 dolar Singapura.

KPK pun mengembangkan kasus suap tersebut dengan menggeledah kantor Gubernur Sumatera Utara yang diduga terkait dengan perkara yang ditangani Gerry. Selain itu, KPK mengagendakan pemeriksaan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho serta pengacara OC Kaligis yang merupakan atasan Gerry. Keduanya pun dikenai cekal tidak bisa bepergian ke luar negeri oleh KPK dan pihak Imigrasi.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas kasus suap hakim PTUN yang melibatkan Gubernur Sumatera Utara dan pengacara OC Kaligis? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 11 – 13 Juli 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 15.152 tweet membicarakan tentang kasus suap PTUN Medan. Kasus ini menyita banyak perhatian netizen Indonesia terlihat dari besarnya jumlah pembicaraan di media sosial Twitter.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 8.339 tweet membicarakan tentang pemeriksaan OC Kaligis oleh penyidik KPK yang digelar Senin, 13 Juli 2015 hari ini. Netizen mendesak KPK untuk menyelidiki hingga tuntas praktek suap dan mafia hukum yang menjerat OC Kaligis tersebut.

Sementara itu, lewat 3.991 tweet, netizen bicara tentang pencekalan terhadap OC Kaligis dan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho. Netizen menyatakan dukungan atas langkah KPK tersebut dan menegaskan pencekalan memang perlu dilakukan untuk mencegah para pelaku suap dan korupsi melarikan diri ke luar negeri.

Sedangkan terkait dengan peran Gerry, sang pengacara yang disebut sebagai pelaku penyuapan terhadap 3 hakim PTUN dan seorang panitera, netizen menyatakan tidak percaya dengan bantahan OC Kaligis bahwa tindakan Gerry di luar pengetahuan dirinyan. Lewat 1.315 tweet menyatakan OC Kaligis sebagai atas Gerry pasti terlibat dalam penyuapan tersebut.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*