Netizen Ramai Bicarakan Peringatan 70 Tahun PMI

Peringatan HUT PMI ke 70 Tahun – sumber foto: Istimewa

Palang Merah Indonesia(PMI) hari ini, Kamis 17 September 2015, tepat berusia 70 tahun. Sebuah usia yang cukup matang untuk organisasi kemanusiaan yang cikal bakalnya sudah ada sejak sebelum masa kemerdekaan Republik Indonesia. Pada peringatan 70 Tahun PMI kali ini mengambil tema “Mengabdi untuk Kemanusiaan dan Kemerdekaan.” Pemilihan tema dimaksud untuk untuk mengingatkan kembali bahwa PMI merupakan bagian penting dari negara kesatuan Republik Indonesia sejak masa kemerdekaan hingga saat ini.

Dalam peringatan 70 Tahun PMI, berbagai kegiatan digelar untuk menumbuhkan semangat kemanusiaan di Indonesia. Salah satunya adalah pameran 70 Tahun PMI diselenggarakan selama 7 (tujuh) hari, mulai 10 – 17 September di Museum Nasional di Jakarta. Pameran ini diresmikan oleh Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, pada Kamis, 10 September 2015 lalu.

Dalam pameran ini sekaligus dilakukan peluncuran prangko seri Peringatan 70 Tahun PMI bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Seri prangko terdapat dua desain, yaitu bergambar gedung markas PMI tempo dulu dan sosok Ketua Umum PMI Pertama, Muhammad Hatta. Peluncuran prangko dilanjutkan dengan penandatanganan Sampul Hari Pertama Seri Prangko Peringatan 70 Tahun PMI oleh Wakil Presiden.

Bagaimana publik, khususnya netizen Indonesia atas peringatan 70 Tahun PMI? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 15 – 17 September 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 1.671 tweet yang membicarakan tentang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke 70 tahun.

Netizen Indonesia antusias mengucapkan selamat ulang tahun untuk PMI melalui hashtag #70tahunPMI. Sejauh ini, hahstag tersebut sudah digunakan sebanyak 1.642 tweet. Netizen juga banyak menyebut mengenai kontribusi PMI untuk kemanusiaan melalui 319 tweet.

Selain itu, netizen juga menyatakan dukungan atas kegiatan PMI selama ini yang disebut sangat membantu masyarakat Indonesia, utamanya dalam penyediaan darah dan bantuan kemanusiaan. Karenanya, melalui 289 tweet, netizen mendukung upaya PMI untuk mempunyai rumah sakit dan Bank Darah sendiri.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend