Operasi Tangkap Tangan di Kementerian Perhubungan Curi Perhatian Netizen

Operasi Tangkap Tangan di Kementerian Perhubungan Curi Perhatian Netizen

Sumber foto: detik

Operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Satgas gabungan dari Mabes Polri dan Polda Metro Jaya di lingkungan Kementerian Perhubungan, Selasa (11/10) kemarin sempat membuat publik heboh. Dari hasil OOT yang dilakukan di lantai 6 Kemenhub ini, polisi mengamankan enam orang, satu diantaranya seorang PNS.

Menurut kabar yang beredar, PNS tersebut bernama Abdul Rosid yang bertugas di loket pelayanan SID (buku pelaut). Sementara 2 orang lainnya adalah operator honorer yang bertugas di loket lantai 6, dua orang dari PT Jasindo dan 1 orang dari PT Sumber Berkah Insani.

Dalam OOT ini, petugas berhasil menemukan uang senilai Rp 95 juta yang dimasukkan dalam amplop. Amplop tersebut juga ternyata tertera nama seorang PNS yang dituju. Barang bukti yang ditemukan, terbagi di dua lantai Kemenhub. Lantai pertama di lantai 6, yakni uang Rp 34 juta. Sedangkan di lantai 12, uang Rp 61 juta.

Nilai uang yang ditemukan yakni dalam bentuk seratus ribu dan lima puluh ribuan. Barang bukti lainnya yakni buku tabungan senilai hampir Rp 1 miliar. Diduga uang ini untuk mengurus masalah perizinan di Ditjen Perhubungan Laut.

Operasi tangkap tangan yang dilakukan pihak kepolisian ini juga ramai menjadi perbingan di media sosial twitter. “@detikcom jgn cm bwahanya yg di tngkp pak, kasi, kabag,kabid dan dirjenya jg hrs di tngkp, krn tnp prnth atsan bwhan gakan brani,” tulis pengguna twitter dengan akun @DemithMerapi yang menyarankan pada pihak polisi untuk menangkap semua jajaran Kemenhub yang terlibat.

Pengguna twitter dengan akun @_HdRab berkicau mengaku salut dengan langkah kepolisian yang berhasil melakukan OOT tersebut. “@detikcom salut utk ott pungli, tapi hrs ditemukan jg akar permasalahan marak pungli di negeri ini.”

Ada juga pengguna twitter yang tak habis pikir dana di Kemenhub merupakan pungutan liar yang dilakukan oknum PNS di Kementerian. “@detikcom dlm zaman sophisticated IT semua terecam mulai dari akar rumput, kok masih berani pungli ya,” sebut akun @jas_md.

Keenam orang yang terjaring dalam OOT kini diamankan di Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan intensif. Mereka dibawa dari kantor Kemenhub sekitar pukul 20.00 WIB menuju Polda Metro Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend