Pencarian Pesawat Aviastar Yang Hilang Diperluas, Netizen Dukung Dengan Doa

Pencarian Pesawat Aviastar yang Hilang – sumber foto: Istimewa

Pesawat twin otter milik maskapai penerbangan Aviastar rute Massamba – Makassar dikabarkan hilang pada Jumat, 2 Oktober 2015. Menara ATC (Air Traffic Controller) hilang kontak dengan pesawat tersebut pada 14.36 Wita, atau 11 menit setelah lepas landas. Saat itu, pesawat tercatat berada di ketinggian mencapai ketinggian 8.000 kaki di atas permukaan laut.

Pesawat Aviastar ini mengangkut tujuh orang penumpang dan tiga orang kru. Pesawat dijadwalkan menempuh perjalanan selama 70 menit dan semestinya tiba di Bandar Udara Sultan Hasanuddin pada Jumat 15.39 WITA.

Upaya pencarian pesawat segera digelar. Badan SAR Nasional dibantu dengan aparat gabungan TNI AD, AU, dan AL melakukan pencarian lewat udara dan darat. Mereka pun mengumpulkan keterangan dari warga di sekitar lokasi hilangnya pesawat. Pencarian diperluas dari empat sektor menjadi enam sektor, meliputi Palopo hingga Suli-Siwa. Namun hingga berita ini diturunkan, pencarian belum membuahkan hasil.

Bagaimana tanggapan pubik, khususnya netizen Indonesia atas perluasan pencarian pesawat Aviastar yang hilang dalam penerbangan dari Massamba – Makassar ini? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 3 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 20.132 tweet yang membicarakan tentang upaya pencarian pesawat Aviastar oleh aparat gabungan Basarnas dan TNI.

Netizen menyebut, aparat memperluas wilayah pencarian pesawat twin otter tipe DHC6/PKBRM ini. Sebanyak 8.069 tweet dicuitkan netizen yang menyebut mengenai perluasan upaya pencarian pesawat hilang.

Netizen pun ramai mendukung upaya pencarian yang dilakukan aparat Basarnas & TNI. Mereka menyebut perlunya menambah jumlah aparat yang terlibat dalam upaya pencarian. Hal ini menurut netizen dengan mempertimbangkan kondisi luasnya wilayah pencarian yang beratnya kondisi medan. Usulan tersebut disampaikan netizen sebanyak 3.039 tweet.

Sementara itu, sebanyak 1.799 tweet disuarakan netizen yang menyatakan dukungan upaya pencarian pesawat Aviastar lewat doa. Netizen menyebut mereka memanjatkan doa supaya pesawat yang hilang di Sulawesi Selatan tersebut bisa segera ditemukan dan para penumpang selamat.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend