Pengibaran Bendera Palestina di PBB Disambut Gembira Netizen Indonesia

Pengibaran Bendera Palestina di Markas PBB – sumber foto: Istimewa

Momen bersejarah bagi perjuangan bangsa Palestina terjadi Rabu, 30 September 2015 kemarin. Bendera Palestina akhirnya dikibarkan secara resmi di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York Amerika Serikat. Pengibaran ini berlangsung setelah Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum PBB guna menyerukan solusi bagi dua negara, Palestina dan Israel.

Lewat pengibaran ini, PBB secara resmi mengakui Palestina sebagai negara pemantau non-anggota. Pengibaran bendera Palestina di Rose Garden ini dipimpin oleh Mahmoud Abbas bersama Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon.

“Dalam momen bersejarah ini, saya menyerukan kepada rakyat kami di mana pun, kibarkan bendera milik rakyat Palestina tinggi-tinggi karena ini merupakan simbol dari identitas kami,” kata Abbas dalam seremoni itu. “Ini merupakan hari yang membanggakan,” ucapnya sebagaimana dikutip dari Kompas.com

Bagaimana tanggapan pubik, khususnya netizen Indonesia atas pengibaran bendera Palestina di markas PBB? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 1 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 11.511 tweet yang membicarakan tentang perjuangan bangsa Palestina untuk meraih kemerdekaan.

Sebanyak 9.310 tweet membicarakan tentang pengibaran bendera Palestina di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mayoritas netizen Indonesia menyatakan kegembiraannya atas pengibaran bendera Palestina.

Netizen lewat 3.337 tweet menyebut pengibaran bendera ini berarti PBB dan dunia mengakui secara resmi keberadaan negara Palestina. Hal ini menurut netizen merupakan perkembangan signifikan dalam perjuangan bangsa Palestina melawan agresi Israel. Netizen menyebut hal tersebut lewat 2.176 tweet.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend