Peringatan Bandung Lautan Api, Pesan Heroik Bertebaran di Medsos

Monumen Bandung Lautan Api

Pertempuran Bandung Lautan Api atau Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa pembumihangusan Kota Bandung pada Maret 1946. Pembumihangusan yang dilakukan pejuang Republik Indonesia tersebut dilakukan untuk mencegah tentara sekutu dan Belanda memanfaatkan fasilitas-fasilitas di kota yang ditinggalkan. Kemarin, peringatan Bandung Lautan Api dilakukan di kota Bandung oleh Walikota Bandung, Veteran, Pelajar dan Masyarakat. Acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Cikutra juga dilakukan oleh Ridwan Kamil besarta segenap veteran yang mengikuti peringatan tersebut.

Peringatan Bandung Lautan Api pun tidak lepas dari perhatian pengguna sosial media. Melalui hashtag #BandungLautanApi, pengguna media sosial twitter berbagi pesan tentang peringatan hari yang sangat bersejarah tersebut. Pantauan eveline, terdapat 796 kicauan melalui #BandungLautanApi menyampaikan pesan heroik tentang peringatan perlawanan masyarakat bandung pada Maret 1946. Perlu juga diketahui, diperkirakan 20.000 masyarakat Bandung memilih membakar rumah mereka sendiri dibandingkan harus diserahkan kepada Belanda.

Selain menggunakan Hashtag #BandungLautanApi, Kicauan tentang peringatan Bandung Lautan Api di media sosial juga bergema. Tercatat 4.371 tweet berkicau tentang perayaan dan acara tabur bungan di kota Bandung. Adalah Ridwan Kamil, walikota Bandung yang memimpin upacara peringatan Bandung Lautan Api. Dari 4.371 kicauan tentang Bandung Lautan Api, 9% pembicaraan menyampaikan terima kasih kepada para veteran yang ikut dalam peringatan acara. Ucapan terima kasih tersebut membuktikan bahwa generasi saat ini tidak melupakan jasa para pendahulunya. ***

Loading...

2 thoughts on “Peringatan Bandung Lautan Api, Pesan Heroik Bertebaran di Medsos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend