Pesawat Trigana Air Hilang di Papua, Netizen Doakan Penumpang Selamat

Pesawat Trigana Air Hilang di Papua – sumber foto: Istimewa

Pesawat Trigana Air jenis ATR dengan nomor penerbangan IL 267 dilaporkan hilang kontak dalam penerbangan hari ini, Minggu 16 Agustus 2015 di Papua. Pesawat yang melayani rute Jayapura – Oksibil ini lepas landas pukul 14.22 WIT dari Bandara Sentani Jayapura dan dijadwalkan mendarat di Bandara Oksibil pukul 15.15 WIT. Namun, pesawat dilaporkan lost contact dengan menara pengawas pada oukul 3 sore waktu setempat.

Badan SAR Nasional (Basarnas) yang pertama kali mengumumkan kabar hilangnya pesawat berpenumpang 49 orang dengan 5 orang kru tersebut. Melalui akun twitter resminya @SAR_NASIONAL, Basarnas menyebut “1.#BreakingNews Jayapura, Pesawat Trigana Air rute sentani-oksibil lost contact pukul 05.55 UTC/14.55 LT (local time) POB 54 orang”

Hal tersebut juga dikonfirmasi Kepala Basarnas sebagaimana dikutip dari CNNIndonesia.com, “Betul bahwa Trigana Air lost contact jam 3 sore, tepatnya 14.55. Saat ini sedang dilakukan upaya pencarian,” ujar Marsekal Madya FHB Soelistyo.

Dilaporkan cuaca saat kejadian sangat buruk. Hujan deras, awan tebal berwana hitam serta medan yang merupakan kawasan hutan rimba menjadikan pihak pengawas penerbangan kesulitan menangkap sinyal radio pesawat Trigana Air. Basarnas sempat akan mengirimkan pesawat untuk menyusuri jalur penerbangan, namun dibatalkan karena cuaca buruk.

Hingga saat ini nasib pesawat Trigana Air yang mengangkut penumpang 44 orang dewasa, 2 anak-anak serta 3 balita ini belum jelas. Basarnas berencana melanjutkan pencarian setelah cuaca memungkinkan.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas hilangnya pesawat Trigana Air di Papua? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 15 Agustus 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Hingga berita ini diturunkan pada pukul 19.07 WIB, terdapat 16.756 tweet membicarakan tentang hilangnya pesawat Trigana Air di Papua.

Netizen menyebut pesawat hilang kontak dengan menara pengawas dalam penerbangan dari Bandara Sentani Jayapura menuju Oksibil, sebuah kota kecil di Pegunungan Bintang Papua. Hal ini dinyatakan sebanyak 5.055 tweet.

Banyak dari netizen yang berspekulasi mengenai lokasi hilangnya pesawat tersebut. Sebanyak 1.792 tweet menyebut pesawat kemungkinan hilang di wilayah Bape Oksibil. Hal ini dinyatakan netizen lewat 1.792 tweet.

Sementara itu, netizen menyatakan khawatir dengan nasib para penumpang pesawat Trigana Air. Kekhawatiran nasib mereka yang hilang di wilayah berketinggian 1.400 KM di atas permukaan laut ini diperbincangkan sebanyak 2.111 tweet. Netizen menyampaikan doa dan harapan agar para penumpang segera bisa ditemukan dalam keadaan selamat. Harapan ini disampaikan netizen melalui 892 tweet.

***

One thought on “Pesawat Trigana Air Hilang di Papua, Netizen Doakan Penumpang Selamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend