Pesawat Trigana Air Yang Hilang di Papua Berhasil Ditemukan, Netizen Doakan Evakuasi Lancar

Pesawat Trigana Air Yang Hilang di Papua Berhasil Ditemukan – sumber foto: Istimewa

Pesawat Trigana Air Service jenis ATR 42 PK YRN bernomor penerbangan IL 267 yang sebelumnya dilaporkan hilang (lost contat) dalam perjalanan dari Bandara Sentani Jayapura ke Oksibil, pada Minggu 16 Agustus 2015 pukul 14.55 WITA, ahirnya ditemukan.

Penemuan lokasi jatuhnya pesawat berpenumpang 54 orang serta 5 awak tersebut setelah tim pencari yang menggunakan pesawat Twin Ptter milik Trigana Air berhasil menemukan kepulan asap dan puing pesawat di wilayah perbukitan Kampung Oksop, kurang lebih 7 mil laut dari Oksibil, Papua.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henry Bambang Soelistyo mengkonfirmasi penemuan ini. “Temuan ini 98 persen sudah menjadi lokasi jatuhnya pesawat. Namun, 2 persen tersisa harus dipastikan oleh tim darat untuk mencapai lokasi yang dimaksud,” kata Soelistyo padaSenin 17 Agustus 2015, sebagaimana dikutip dari Kompas.com

Saat ini Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, Kepolisian dan personil TNI AU tengah berusaha menjangkau lokasi jatuhnya pesawat Trigana Air di Pegunungan Bintang tersebut. Tim dibagi menjadi dua, satu tim lewat jalur udara sementara lainnya melalui jalur darat.

“Ada kurang lebih 173 anggota Tim SAR gabungan sudah berada di Oksibil didukung pesawat Heli Bell Airfast untuk proses evakuasi. Sementara di Posko Jayapura, masih tersedia anggota tim sebanyak 244 anggota tim dengan dukungan sejumlah 3 pesawat dari Trigana Air, 2 pesawat AMA, pesawat Susi Air, Heli Bell dan MI 17 milik TNI AD, Hercules TNI AU,” ucap Soelistyo.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas penemuan pesawat Trigana Air yang hilang di Papua? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 17 Agustus 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 6.692 tweet membicarakan tentang penemuan pesawat Trigana Air yang sempat hilang di Papua.

Netizen menyoroti rilis foto-foto temuan Basarnas di lokasi di mana pesawat Trigana Air tinggal tersisa puing-puing. Netizen menyatakan duka mendalam atas temuan tersebut namun sekaligus lega karena pesawat berhasil ditemukan. Kedukaan ini disampaikan netizen lewat 1.221 tweet.

Lebih lanjut, netizen menyatakan apresiasi mendalam kepada tim gabungan SAR yang hingga saat ini tengah berusaha menjangkau lokasi jatuhnya pesawat. Tim SAR harus menempuh jalur darat menembus belantara hutan di kawasan sekitar Oksibil. Hal ini menuai apresiasi netizen sebanyak 4.335 tweet.

Netizen juga berharap agar evakuasi para korban bisa dilakukan segera oleh tim SAR. Netizen juga mendoakan agar upaya evakuasi yang dilakukan tim SAR bisa berjalan dengan lancar dan para korban segera dibawa ke rumah sakit Jayapura. Hal ini dinyatakan netizen lewat 3.277 tweet.

Yang menarik adalah, adanya sejumlah 2.172 tweet membicarakan tentang adanya empat orang penumpang Trigana Air yang merupakan pegawai kantor pos yang membawa uang tunai dana kompensasi BBM senilai Rp 6,5 miliar untuk diberikan kepada warga di delapan distrik. Netizen banyak bertanya bagaimana nasib uang tersebut.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend