Plesetkan Sampurasun Jadi Campur Racun, Netizen Desak Rizieq Minta Maaf ke Masyarakat Sunda

Tidak semua hal bisa jadi bahan becandaan. Mungkin hal ini yang harus dipelajari oleh Ketua Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Syihab atau yang akrab disapa Habib Rizieq. Pertengahan November lalu saat berceramah di Purwakarta, Rizieq memplesetkan salam Sunda sampurasun menjadi campur racun. Plesetan dalam ceramahnya tersebut tersebar melalui video di Youtube. Berbagai kelompok masyarakat Sunda menganggap plesetan campur racun Rizieq telah menghina adat mereka.

Pemantauan yang dilakukan Redaksi Eveline pada media sosial, khususnya Twitter, mendapati 2.671 tweet perbincangan tentang Rizieq plesetkan sampurasun. Pemantauan ini dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System pada periode 25-26 November 2015.

Menurut Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi, Noery Ispandji Firman, plesetan campur racun telah melukai perasaan, kultur dan kebiasaan masyarakat Sunda yang selama ini telah dilakukan secara turun temurun. Plesetan campur racun Rizieq yang melukai perasaan masyarakat Sunda ini dikomentari pengguna twitter Indonesia sebanyak 1.530 tweet. Banyak netizen yang kesal dengan plesetan Rizieq ini. Salah satunya akun twitter dengan username @Goejel14 yang isi tweetnya kurang lebih,”Habib bego masa “SampuRasun diplesetkan jadi CampurRacun” ya org Sunda marah.”

Bahkan, dikutip dari Kompas, Noery dan sejumlah tokoh Sunda melaporkan Rizieq dengan hate speech serta UU 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Pasal 28 ayat 2. Pasalnya, Rizieq dinilai dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa benci atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Walikota Bandung, Ridwan Kamil pun angkat bicara. Ridwan Kamil menganggap becandaan Rizieq tersebut tidak pada tempatnya. Menurutnya, kultur-kultur yang ada di nusantara tidak semestinya dijadikan becandaan. Ridwan Kamil pun mengatakan kalau plesetan tersebut dianggap Rizieq sebagai lelucon, itu sama sekali tidak lucu. Orang nomor satu di Bandung ini berharap Rizieq menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Sunda akibat dari plesetannya tersebut.

Netizen pun sepakat dengan Ridwan Kamil untuk mendesak Rizieq meminta maaf pada masyarakat Sunda. Sebanyak 587 tweet dari netizen mendesak Rizieq untuk meminta maaf. Akun twitter @rusyanaagus676 pun mengtwitkan hal serupa. Tweetnya kurang lebih demikian,”Habib riziq wajib minta maaf pd masy sunda dg ucapannya sampurasun jadi campur racun”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*