Polri dan Kementerian Pertanian Dapat Respon Negatif Netizen Soal Isu Oplosan Beras

Said Didu: Penjelasan Mentan Soal Kasus Beras PT IBU Rancu

Foto: Istimewa

Pihak kepolisian, khususnya Polri dan Kementerian Pertanian belakangan menjadi sorotan. Hal ini tak lepas dari isu pelanggaran hukum dalam produksi beras PT Indo Beras Unggul (IBU). Isu ini sendiri nyatanya jauh menarik perhatian netizen dibandingkan dengan isu Perppu Ormas.

Hal tersebut diketahui dari survei yang dipantau oleh lembaga pemantau media dan media sosial, Evello, ketika berbincang dengan redaksi Rabu (26/7). Peneliti senior Evello, Azis Subekti memaparkan pada periode pemantauan yang sama, netizen lebih ramai membicarakan soal penggeberebekan PT IBU dibandingkan dengan isu Perppu Ormas yang juga sedang ramai menjadi perbincangan publik.

Berdasarkan survei Evello, jumlah kicauan netizen pengguna twitter terpantau mencapai 56.987 tweet soal isu oplosan beras PT IBU tersebut. Sementara isu Perppu Ormas pada periode yang sama hanya menuai 50.541 tweet ujarnya.

Azis mengatakan bahwa terjadi pergeseran perhatian netizen terhadap isu utama lainnya yang berkembang, baik isu politik maupun isu ekonomi. Lebih jauh, ia juga menyebutkan, jumlah akun twitter yang terlibat membicarakan isu oplosan beras PT. IBU mencapai 19.480 akun twitter. Sementara isu tentang Perppu Ormas dikicaukan sebanyak 17.884 akun twitter.

Dari data Evello tersebut, dibuatlah sebuah kesimpulan bahwa penggerebekan terhadap beras oplosan PT. IBU didominasi oleh sentimen negatif terhadap kepolisian dan Kementerian Pertanian. Data Evello melihat bahwa isu kriminalisasi dan politisisasi menjadi bagian perbincangan netizen yang paling mengemuka, selain memang ada usaha Pemerintah dalam memberantas mafia pangan.

Beberapa akun yang mendominasi perbincangan netizen tentang isu beras didominasi akun-akun seperti @maspiyuuu, @saididu dan @ustadtengkuzul.

“Kita tahulah akun-akun yang paling dominan menjadi pusat keramaian seperti yang disebutkan di atas memang cenderung tidak percaya kasus beras oplosan PT. IBU sepenuhnya adalah kasus pidana” tutup Azis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend