Puluhan Kopassus Keroyok Anggota TNI AU Hingga Tewas, Netizen Nyatakan Kecewa

Puluhan Kopassus keroyok dan tewaskan TNI AU – sumber foto: Istimewa

Bentrok antar aparat keamanan kembali terjadi. Kini berlangsung di kota asal Presiden Joko Widodo, Solo. Sekitar 25 orang anggota Grup – 2 Kopassus Kandang Menjangan Kartosuro terlibat pengeroyokan terhadap 4 orang anggota TNI AU Lanud Adi Soemarmo. Peristiwa pecah pada Minggu 31 Mei 2015 dini hari sekitar pukul 03.00 WIB di halaman parkir Karaoke Bima, yang terletak di kawasan Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Menurut keterangan, keempat anggota TNI AU datang ke lokasi karaoke selepas menghadiri acara reuni. Di lokasi karaoke sudah ada puluhan anggota Kopassus. Entah apa sebabnya, mereka terlibat cekcok yang berujung pengeroyokan terhadap keempat anggota TNI AU tersebut. Akibatnya, Serma Zulkifli, anggota Bintara Sarban Dislog Derma Mabes AU mengalami luka parah dan akhirnya tewas pada Senin 1 Juni 2015 pukul 21.30 WIB setelah menjalani perawatan selama dua hari di Rumah Sakit Angkatan Udara Yogyakarta. Sementara ketiga rekannya masih dalam perawatan.

Jenazah korban kemudian diterbangkan dari Lanud Adisutjipto menggunakan Hercules A-1327 milik TNI AU setelah dilepas dengan upacara militer untuk kemudian diantar ke rumah duka di Jalan Nusa Dua RT 12 RW 4, Ciracas, Jakarta Timur. Sementara itu, para pelaku pengeroyokan kini tengah diperiksa secara intensif oleh Denpom TNI.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas peristiwa pengeroyokan anggota TNI AU oleh puluhan anggota Kopassus yang terjadi di Solo? Simak rangkuman redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 2 Juni 2015. Di mana terdapat total 8.464 tweet membicarakan pengeroyokan 4 orang TNI AU oleh Kopassus di karaoke Bimo di kawasan Sukoharjo Solo Jawa Tengah. Mayoritas netizen menyoroti pelaku pengeroyokan yang merupakan anggota Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan. Sebanyak 4.894 tweet menyebut hal ini.

Sementara itu, netizen juga menyampaikan rasa duka dan ucapan bela sungkawa untuk keluarga koran, Serma Zulkifli. Terdapat 2.346 tweet menyatakan bela sungkawa. Sedangkan 1.401 tweet dicuitkan netizen yang menyatakan kekecewaannya atas perilaku anggota Kopassus yang melakukan pengeroyokan terhadap sesama anggota TNI. Apapun alasannya, netizen menyatakan hal tersebut tidak sepatutnya dilakukan. Netizen juga mendorong agar proses pemeriksaan dilakukan secara tuntas dan para pelaku dihukum sesuai prosedur yang berlaku. Sebanyak 1.027 tweet menyuarakan tuntutan ini.

***

Loading...

3 thoughts on “Puluhan Kopassus Keroyok Anggota TNI AU Hingga Tewas, Netizen Nyatakan Kecewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend