Puluhan Tenda Jemaah Haji Roboh di Arafah, Netizen Sebut Cobaan

Puluhan Tenda Jemaah Haji Roboh di Arafah – sumber foto: Istimewa

Penyelengaraan ibadah haji tahun 2015 ini sepertinya tak lepas dari berbagai masalah. Setelah kasus jatuhnya alat berat crane yang mengakibatkan setidaknya 87 orang jemaah haji tewas, dua diantaranya asal Indonesia dan lebih dari 184 lainnya luka-luka, kini publik dikagetkan dengan robohnya puluhan tenda jemaah di Arafah.

Kejadiannya Selasa, 22 September 2015 malam, di maktab nomor 8 dan 9 yang dihuni jemaah haji dari Banten, Jakarta Selatan, dan Depok. Serupa dengan saat peristiwa jatuhnya crane, cuaca buruk dengan angin kencang disertai kilat berlangsung di Padang Arafah. Setelah waktu insya, puluhan tenda tak kuat menahan kencangnya angin dan roboh.

Beruntung, tak satupun jemaah Indonesia yang terluka. Mereka yang melihat tanda-tanda tenda akan roboh sempat menyelamatkan diri. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga tengah menunaikan ibadah haji langsung meninjau lokasi robohnya tenda.

Lukman Hakim meminta para jemaah bersabar dan menginstruksikan petugas agar mengungsikan jemaah sementara dari maktab 8 dan 9 ke tenda mushola yang ada. Setelah memberikan instruksi tersebut, Menag bertolak ke kantor Muassasah Muthowwafah guna mencari jalan keluar atas musibah tersebut.

Bagaimana tanggapan pubik, khususnya netizen Indonesia atas robohnya puluhan tenda jemaah haji di Arafah? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 22 Р23 September 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 3.171 tweet yang membicarakan tentang robohnya puluhan tenda jemaah haji di Arafah, Arab Saudi.

Angin kencang dan cuaca buruk disebut-sebut para netizen sebagai penyebab robohnya puluhan tenda jemaah haji tersebut. Lewat 1.466 tweet, netizen menyebut soal ini. Netizen juga menyebut akibat robohnya tenda hunian, para jemaah haji harus mengungsi ke tempat lain sementara menunggu perbaikan.

Netizen Indonesia juga banyak membicarakan tentang pelaksanaan ibadah haji tahun 2015 ini yang banyak masalah. Setelah insiden jatuhnya crane, sekarang robohnya tenda. Lewat 208 tweet, netizen menghimbau para jemaah haji untuk bersabar dan hal ini adalah cobaan.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend