Ribuan Massa Ormas Islam Demo Tolak Ahok Di Balai Kota DKI, Begini Tanggapan Netizen

Ribuan Massa

(Sumber foto: News Okezone/VIVA.co.id)

Ribuan massa yang tergabung dalam berbagai organisasi masyarakat (ormas) berunjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Massa ‘Aksi Bela Islam’ ini sebelumnya bergerak dari Masjid Istiqlal, menyebabkan Jalan Medan Merdeka Timur ditutup di kedua arah.

Dihimpun dari republika.co.id, massa mulai beramai-ramai mendatangi Balai Kota sekitar pukul 13.50 WIB dengan berjalan kaki dan membawa bendera tiap-tiap ormas. Sejumlah ormas yang tampak, di antaranya Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Betawi Rempug (FBR).

Sesampainya di Balai Kota, massa secara serentak mengucapkan shalawat, kemudian meneriakkan tuntutannya agar Basuki Tjahaja Purnama tidak lagi diangkat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menanggapi dingin aksi unjuk rasa besar-besaran ini. Pasalnya, bakal cagub petahana itu yakin kalau para pendemo hanya mempunyai satu tujuan. “Ini kan intinya mereka (pendemo) cuma mau nyeret aku (Ahok) ke penjara kan, begitu kan,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2016). Seperti dikutip dari sindonews.com

Ahok juga mengaku belum mengetahui, apakah pada saat demo nanti dirinya akan menemui para demonstran. Ahok juga menambahkan, para pendemo itu tidak hanya mempermasalahkan kasus penistaan agama yang diduga dilakukannya.

“Nanti kami lihat saja situasinya. Ini mau ketemu apa? Ini kan sebagian orang dari gerakan yang mau nyeret saya mulai dari kasus Sumber Waras, nyeret saya reklamasi, yang bikin anarkis di KPK. Kan tujuannya cuma gimana ahok bisa masuk penjara, enggak ikut pilkada,” kata Ahok.

Di sisi lain, sebelumnya dikabarkan sebanyak 8.380 personel gabungan, yakni dari kepolisian serta TNI disiagakan untuk mengawal jalannya unjuk rasa tersebut. Selain itu, kendaraan-kendaraan taktis yang terdiri dari barracuda dan water canon juga sudah disiagakan di halaman Balai Kota DKI Jakarta. Kemudian, ada pula mobil pemadam kebakaran.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi mengenai kapan berakhirnya unjuk rasa diluar area kompleks Balai Kota DKI Jakarta itu.

Pantauan redaksi eveline, mendapati netizen ramai menanggapi soal ribuan massa ormas Islam demo tolak Ahok di depan Balai Kota DKI Jakarta. Berikut tanggapan netizen pada linimasa twitter. “Tujuan utama demo hari ini tak lain hanya agar Ahok tidak bisa ikut nyagub di pilkada DKI,itu aja sih…”, dikicaukan akun @Magdal3naSilvia, sebut tujuan demo tolak Ahok.

Terlihat beberapa netizen dengan lantang, menulis, “tangkaap!! Ahok”, seperti dikicaukan akun @forcedistro salah satunya.

Meski begitu, tak sedikit di antara netizen yang justru menyampaikan pembelaan terhadap Ahok. “apaan sih,,kampungan…org lg kerja malah d demo.islam tu ga rusuh tp damai.hasil demonya apa? Ahok turun?? Ga akan”, tulis akun @chris_ch4nNeL, bela Ahok. Sedang netizen dengan akun @GangsarEka, menuliskan hal senada, “demo kok faktor orang, bukan hasil kerja. Haisshhhh”.

Lebih lanjut, terlihat seorang netizen lain meminta pihak kepolisian RI segera bertindak tegas. “polisi harus tegas…sudah nyata ahok menistakan agama….jangan lemah polisi..tegak hukum bagi melanggar hukum”, tulis akun @AndrionoRio.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*