Riset Media: Hanura dan PPP Paling Sepi Pemberitaan Media Daring

Riset Media: Hanura dan PPP Paling Sepi Pemberitaan Media Daring

Foto: metrotvnews / harian88

Menjelang tutup tahun, lembaga pemantau media dan media sosia, Evello, melakukan pemantauan terhadap pemberitaan partai politik. Pantauan terhadap 100 media daring terhadap partai-partai politik dilakukan pada periode 1-20 Desember 2017.

Hasilnya, Partai Golkar menjadi partai paling ramai disorot media selama periode pemantauan. Golkar diberitakan sebanyak 4.148 kali. Keramaian pemberitaan tentang Golkar dikarenakan kasus yang menimpa Setya Novanto, pemilihan Ketua Umum dan rekomendasi partai dalam pilkada Jawa Barat.

Sementara PDIP terpaut tipis dengan jumlah pemberitaan Partai Gerindra. Selain isu-isu lokal partai, keduanya ramai diberitakan berkaitan dengan pilkada 2018 mendatang. Pilkada Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi topik pemberitaan sepanjang Desember 2017.

Berdasarkan pantauan tersebut, PPP dan Hanura adalah partai politik dengan porsi pemberitaan terkecil. PPP cukup banyak diberitakan berkaitan dengan dukungan dalam Pilkada Jawa Barat dan Jawa Tengah. Rencana PPP untuk mundur mendukung Ridwan Kamil dalam Pilkada Jawa Barat menjadi topik berita paling ramai.

Pemberitaan PKB juga terlihat tidak ramai sepanjang Desember 2017. Keberadaan Menteri-menteri PKB di Kabinet pemerintahan Jokowi tidak meramaikan pemberitaan tentang PKB.

Sementara Partai Hanura bisa dikatakan tidak memiliki isu signifikan. Isu tentang Hanura dibentuk karena isu tambahan terhadap dukungan partai politik dalam perhelatan Pilkada 2018.

Loading...

One thought on “Riset Media: Hanura dan PPP Paling Sepi Pemberitaan Media Daring

  1. Pingback: Riset Media: Hanura dan PPP Paling Sepi Pemberitaan Media Daring | Repelita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend