Sambut Perayaan HUT Yogyakarta Ke 259, Hashtag #HUT259Jogja Jadi Trending Topic

Perayaan HUT Yogyakarta ke 259 – sumber foto: Istimewa

Hari ini, Rabu 7 Oktober 2015, kota Yogyakarta merayakan ulang tahunnya yang ke 259 tahun. Sejarah resmi mencatat kelahiran kota Yogyakarta ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Gianti antara Pangeran Mangkubumi dan Sunan Pakubuwono II pada 7 Oktober 1756. Perjanjian ini menjadi tonggak berdirinya Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta serta berakhirnya Kerajaan Mataram Islam.

Sejak saat itu, Yogyakarta memainkan peran penting dalam sejarah di tanah Jawa dan nusantara. Tak lama setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno – Hatta, Sultan Hamengkubuwono IX yang berkuasa di Yogyakarta saat itu menyatakan dukungan terhadap Republik Indonesia dan menyebut Kesultanan Yogyakarta sebagai bagian dari Republik Indonesia.

Kota Yogyakarta juga sempat menjadi ibukota Republik Indonesia selama periode 1946 hingga 1948, saat Belanda melancarkan agresi militer. Dikarenakan kontribusinya sejak awal kemerdekaan tersebut, Yogyakarta dianugerahi status Daerah istimewa oleh pemerintah Republik Indonesia.

Perayaan HUT Yogyakarta kali ini mengangkat tema “Pesta Rakyat Jogja”. Berbagai acara digelar Pemerintah Kota Yogyakarta, berlangsung sejak 1 – 31 Oktober 2015. Rangkaian acara tersebut antara lain pemasangan penjor lampion di sepanjang jalan dan kawasan pemukiman. Sementara acara yang diler antara lain grebeg pasar pada 4 Oktober 2015, grebeg mal pada 5 Oktober 2015, kenduri budaya pada 6 Oktober 2015, dan puncaknya pada tanggal 7 Oktober 2015 akan dilaksanakan Pawai Budaya Jogja Istimewa.

Bagaimana tanggapan pubik, khususnya netizen Indonesia atas perayaan HUT Yogyakarta ke 259? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 7 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 5897 tweet yang membicarakan tentang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Yogyakarta yang jatuh pada 7 Oktober 2015 ini. Netizen menyambut HUT Yogyakarta ini dengan menggunakan hashtag #HUT259Jogja yang hari ini menjadi trending topic di linimasa Twitter Indonesia.

Netizen menyatakan kegembiraannya atas perayaan HUT Yogyakarta ke 259 ini. Mereka ramai mengucapkan selamat ulang tahun lewat cuitan sebanyak 2.901 tweet. Netizen juga ramai mengajak publik untuk datang dan turut merayakan HUT Yogyakarta dengan mengikuti berbagai acara pawai budaya yang puncaknya berlangsung hari ini. Ajakan ini disampaikan netizen lewat 1.435 tweet.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend