Sampah Perayaan Tahun Baru Penuhi Sejumlah Lokasi, Netizen Berkomentar

Sampah Perayaan Tahun Baru Penuhi Sejumlah Lokasi, Netizen Berkomentar

Malam pergantian tahun, selalu disambut antusias oleh ribuan orang. Tak terkecuali warga ibukota dan sekitarnya yang merayakan malam pergantian tahun baru di sejumlah lokasi. Dengan melesatkan ratusan kembang api menandai perayaan pergantian malam tahun baru, warga berlomba-lomba menembakkan petasan dan kembang apinya ke atas langit.

Imbasnya, lautan sampah menggunung dan berserakan di mana-mana. Tak hanya petasan, sampah dari hasil makanan, minuman sampai sampah non organik juga terdapat di berbagai titik. Ini mengindikasikan masih rendahnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan kota.

Kepala Dinas Kebersihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Saptastri Edinigtyas Kusumadewi, mengatakan ada 85 ton sampah pasca perayaan tahun baru di Jakarta. Di lokasi Jakarta Night Festival Monas, terkumpul sampah sebanyak 35 ton. Sisanya sebanyak 50 ton sampah berasal dari titik-titik keramaian di beberapa wilayah kota administrasi lainnya.

Titik keramaian tersebut antara lain: Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur, Ancol (Jakarta Utara), Taman Fatahillah-Kota Tua (Jakarta Barat), Taman Margasatwa Ragunan (Jakarta Selatan) dan beberapa titik keramaian lainnya.

Menurut pantauan redaksi eveline pada media sosial khususnya Twitter pada 31 Des 2015 hingga 1 Jan 2016 perbincangan mengenai sampah dampak perayaan tahun baru mendapat reaksi netizen sebanyak 3.924 tweet. DImana pada tanggal 31 Des 2015 kicauan netizen sebanyak 866 tweet sedangkan pada tanggal 1 Jan 2015 mencapai 3.058 tweet. Puncak perbincangan mengenai sampah dampak perayaan tahun baru, terjadi pada pukul 01.00 dini hari tadi, sebanyak 2.162 kicauan.

Pengguna twitter pun melontarkan komentar yang beragam terkait sampah yang menumpuk paska perayaan malam pergantian tahun. @suryaGS1 mengatakan “Selamat buang sampah di malam tahun baru 2016…”, ujar Surya Gusdiono. @ViqihFardani juga mencuitkan “banyak harapan dan impian digantungkan di tahun baru 2016, tp buang sampah aja msh smbrngan. Habis pesta sampah berserakan -_-“.

Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat bergerak cepat membersihkan sampah yang berserakan usai perayaan pergantian tahun. Mobil penyapu jalan bersama ribuan petugas kebersihan dikerahkan guna memaksimalkan pengangkutan sampah di beberapa lokasi di awal tahun 2016.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend