SBY Kultwit Luruskan Jokowi Soal Utang IMF

Kultwit SBY Tentang Utang IMF – sumber foto: Istimewa

Hari ini, Selasa 28 April 2015, publik Indonesia dikejutkan dengan pernyataan mantan Presiden ke 6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Melalui akun twitter ‏@SBYudhoyono, SBY mengklarifikasi pernyataan Presiden Jokowi yang dimuat di harian Rakyat Merdeka sehari sebelumnya mengenai Indonesia yang masih berutang ke IMF. Hal ini merupakan kelanjutan dari pidato Jokowi saat pembukaan peringatan Konferensi Asia Afrika ke 60 di Jakarta 22 April 2015 lalu.

Menurut SBY, tidak benar Indonesia masih berutang kepada IMF. Dari total 9,1 milyar dollar Amerika utang Indonesia kepada IMF saat krisis moneter, semuanya sudah lunas. Pelunasan tersebut dilakukan pada masa pemerintahan SBY di tahun 2006. Pelunasan ini, jelas SBY, 4 tahun lebih cepat dari jadwal yang dibuat sebelumnya. Bahkan, menurut Ketua Umum Partai Demokrat ini, pada 2012 Indonesia justru turut memasukkan dana ke IMF untuk membantu negara-negara yang tengah diterpa krisis moneter.

Kultwit SBY tersebut langsung menjadi pemberitaan di berbagai media online. Di Twitter sendiri, hashtag “Pak SBY” menjadi trending topic. Meme tentang pernyataan SBY pun bersliweran di linimasa netizen Indonesia. Berikut redaksi Eveline merangkum dinamika perbincangan netizen tentang isu ini.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial Twitter selama periode 28 April 2015. Terdapat total 3.929 tweet bicara tentang kultwit Pak SBY. Dari jumlah tersebut, 3.121 tweet menyinggung isi pernyataan SBY yang meluruskan Presiden Jokowi perihal utang Indonesia ke IMF.

Netizen ramai mengutip dan mengomentari statement SBY di 13 tweet yang dicuitkannya. Inti pernyataan SBY bahwa Indonesia telah bebas dari utang IMF sejak 2006 menjadi point utama. Terdapat 3.091 tweet netizen yang bicara tentang hal ini. Perbincangan pun tak berhenti di situ, netizen banyak yang menimpali kultwit SBY tersebut dan berdiskusi tentang keberadaan IMF. Terdapat 1.864 tweet ramai berbincang tentang IMF.

***

12 thoughts on “SBY Kultwit Luruskan Jokowi Soal Utang IMF

  1. Anak Ingusan

    nah lho SALAH LAGI ya beginilah nasib bangsa ini dipimpim oleh Juragan yang sering salah baca ato kurang tahu apa yang dibacanya.

    Reply
  2. Fajar

    Wah Pak Jokowi kena skak mat… makanya bos jangan kebanyakan komentar. semuanya dikomentari…kelihatan kalau tidak nguasai masalah

    Reply
  3. Putra

    Kena sekarang. Mau jadi sukarno tapi malah kena hantam. Sudahlah pak, kerja saja yang lurus, jangan sampai sejarah mengenang bapak sebagai kecelakaan perjalanan bangsa nantinya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend