Serangan Teror di Paris, Netizen Dunia Bereaksi #PrayForParis

Kabar serangan teror di Paris pagi ini membuat publik tersentak. Aksi penembakan dan ledakan bom terjadi di Paris, Prancis, pada Jumat (13/11) malam waktu setempat. Lokasi aksi teror tersebut terjadi di luar stadion utama Stade de France. Pada waktu itu, didalam Stadion Stade de France sedang berlangsung pertandingan sepak bola antara tim sepak bola Prancis melawan Jerman. Beberapa video yang beredar di internet memperlihatkan penonton yang kalang kabut didalam stadion setelah pertandingan usai.

Kabar yang didapat sekitar pukul 08.45 WIB, korban tewas dari aksi teror di Paris ini berjumlah 153 orang. Dikutip dari Republika Internasional, salah satu korban terbesar berada di gedung pergelaran konser di Baraclan. Di sana sekitar 112 orang tewas saat seorang bersenjata senapan otomatis memberondong penonton yang sedang menyaksikan aksi panggung band Amerika. Pelaku juga menyandera sekitar 100 orang.

Dengan menggunakan platform  Evello Intelligent Tagging System, redaksi Eveline memantau perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 14 November 2015.Terdapat 670.197 tweet perbincangan tentang serangan teror di Paris. Sementara 205.034 tweet netizen dunia perbincangkan tingginya jumlah korban pada serangan teror tersebut.

Tak hanya memperbincangkan tingginya jumlah korban, netizen dunia juga menyatakan turut berduka cita atas jatuhnya korban serangan teror di Paris. Sebanyak 233.046 tweet dari pengguna twitter dunia menyatakan turut berduka cita. Total enam insiden terorisme terjadi di sepanjang Paris. Selain serangan di stadium di tempat konser, penembakan juga terjadi di dalam restoran di Rue Bichat dan menewaskan 11 orang. Galeri Louvre juga menjadi sasaran tembak dan bom, bersama dengan Pompidou Centre dan pusat perbelanjaan Les Halles.

Para saksi di teater Bataclan mengatakan pelaku teror menggunakan senapan AK47. Saksi, Julen Pearce mengatakan penembakan terjadi sekitar 15 menit. Di medi sosial twitter bermunculan hashtag #PrayForParis dari netizen dunia. Hashtag ini berisi penyampaian duka cita dari netizen atas serangan teror di Paris semalam. Terpantau, 2.478.108 tweet menyampaikan duka citanya melalui hashtag #PrayForParis. Salah satunya datang dari netizen dengan akun @BaddestofDVO yang isi tweetnya kurang lebih demikian “Let us all pray for the people who have lost their lives today. May they rest in peace. God bless. #PrayForParis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend