Terungkapnya Uang Sogokan Masuk TNI Capai Milyaran, Netizen: Sudah Tradisi

Sogokan

(Sumber foto: nasional.news.viva.co.id/makassar.tribunnews.com)

Pihak Komando Daerah Militer (Kodam) VII Wirabuana menyebut akan segera mengembalikan uang sogokan (werving) kepada orang tua calon TNI.  Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) VII Wirabuana Brigjen TNI Supartodi mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penghitungan uang tersebut untuk kemudian dikembalikan.

“Saya tidak tahu persisnya berapa mungkin ada sekitar milyaran. Yang jelasnya dari kasus ini kami sedang memproses siapa-siapa yang terlibat,” kata Supartodi usai memberikan materi di kampus Unismuh Makassar Jl Sultan Alauddin, Selasa (30/8/2016).

Supartodi menegaskan, persoalan ini sejak awal ia bersama Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti telah menekankan untuk bersikap tegas kepada oknum TNI yang terlibat. “Yang membayar masuk TNI akan kita lawan dengan hukum termasuk yang menerima sogokan. Yang sudah lulus dan ketahuan, akan kita kembalikan tidak dimasukkan dalam pendidikan,” katanya.

Modus para pelaku yakni iming-iming diluluskan menjadi anggota TNI dengan membayar sejumlah uang. Padahal, kata Supartodi, untuk menjadi anggota TNI tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. “Iming-imingnya diluluskan, dan diminta bayar dari Rp75 juta hingga Rp120 juta,” katanya.

Supartodi mengaku, seorang oknum anggota TNI berpangkat Kolonel berinisal, HN, telah dicopot dari jabatannya karena terbukti pungli. “Dia terlibat dalam penerimaan anggota TNI gelombang kedua tahun 2015 dan baru terungkap tahun ini. Kolonel HN ini hanya menjanjikan kelulusan kepada calon anggota TNI dengan menggunakan jabatannya. Karena tidak lulus inilah, yang bersangkutan melapor.”

Terungkapnya  persoalan uang sogok masuk TNI yang mencapai milyaran rupiah itu memancing  ragam komentar netizen. Pantauan redaksi eveline mendapati beberapa kicauan netizen pada linimasa twitter, misalnya, “Sian, Malu2in Banget sih Pak!!”, dikicaukan akun @dmasapratama  menganggap terungkapnya soal ini disebutnya memalukan.

Selain itu, seorang netizen dengan akun @buyutsayama, bahkan menyebut persoalan sogok (werving) sudah menjadi tradisi, “dah tradisi..hanya d iklan yg bilang masuk TNI gratis….”, sembari menyampaikan sindirannya.

Loading...

One thought on “Terungkapnya Uang Sogokan Masuk TNI Capai Milyaran, Netizen: Sudah Tradisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend