Topan Winston Porak Porandakan Fiji, Netizen Dunia Berduka

Topan Winston Porak Porandakan Fiji, Netizen Dunia Berduka

Lembaga penyiaran pemerintah Fiji Broadcasting Corporation (FBC) mengumumkan keadaan darurat, saat Topan Tropis Winston menerjang negara pulau di Pasifik Selatan itu. Pengumuman tersebut berlaku 30 hari kedepan dimulai dari hari Sabtu, 20 Februari 2016,  waktu setempat.

Pihak berwenang Fiji saat ini tengah mengevaluasi dampak kerusakan di kawasan tersebut setelah dilanda angin topan terburuk dalam sejarah. Topan Winston dengan kekuatan lebih dari 320 km per jam (200 mph) bertiup disertai hujan deras dan menyebabkan gelombang laut setinggi 12 meter lebih.

Sejumlah laporan menyebut, rumah-rumah hancur, aliran listrik terputus, dan jam malam pun diberlakukan. Topan tersebut menyebabkan satu orang tewas. Selain itu, sekitar 750 pusat evakuasi sudah dibuka. Sementara, bandara tetap ditutup.

Kabar terakhir yang dapat kami himpun, akibat kejadian ini setidaknya terdapat 17 orang warga dinyatakan meninggal dunia. Ditambah lagi Fiji juga akan menghadapi potensi  krisis kesehatan karena matinya aliran listrik dibeberapa lokasi, dan kurangnya pasokan air bersih disejumlah wilayah.

Pantauan redaksi eveline periode 20-21 Februari 2016 pada media sosial twitter, mendapati sebanyak 55.871 tweet dari netizen di seluruh dunia yang memperbincangkan tentang amukan Topan Winston yang menerjang salah satu negara yang berada di Pasifik Selatan, Fiji.

Kicauan netizen asal Fiji, mengatakan ketidak percayaannya kalau negaranya telah di porak porandakan oleh Topan Winston. “The air is so still and humid it is hard to believe we had #TCWinston rip across #Fiji yesterday” ujar @smangubhai. Selain kicauan pemilik akun tersebut juga menyertakan rekaman video, yang memperlihatkan bagaimana angin yang sangat kencang menyapu lingkungan disekitar tempat tinggalnya.

Badai katerori lima ini diyakini terkuat yang melanda di belahan bumi selatan dan paling dahsyat yang pernah dialami Fiji. Topan itu mulai menimbulkan kerusakan di pulau utama Vitu Levu setelah jam malam nasional diberlakukan pukul 18.00 waktu setempat. Badai ini sebelumnya menenggelamkan perahu-perahu dan menyebabkan banjir bandang di pulua-pulau terluar negara itu, termasuk Vanua Levu.

Himbauan juga disuarakan beberapa netizen dunia, seperti halnya kicauan @GlenElmesMP yang mengatakan “untuk saling menjaga hati dan pikiran kita terhadap kejadian yang menimpa Fiji.” Lebih lanjut netizen juga mengirimkan doa untukorang-orang yang terkena musibah ini, seperti kicauan @RachaelBurf12 yang menyuarakan “Thoughts and prayers to all thoses who are affected by the cyclone in Fiji heartbreaking and terrifying #fijicyclone.”

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend