Tren Data Arus Balik Mulai Terlihat Meningkat

Macet Jadi Keluhan Netizen Saat Arus Balik Liburan

Foto: Ilustrasi

Operator Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) PT Lintas Marga Sedaya (LMS) mengimbau pengguna jalan tol menghindari perjalanan saat waktu puncak arus balik Lebaran 2017. LMS memprediksi puncak arus balik itu terjadi pada Sabtu-Minggu (1-2/7).

“Para pengguna tol tidak melakukan perjalanan balik dalam waktu bersamaan, terutama pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7), harus diatur waktunya terlebih dahulu,” kata Direktur Operasional LMS Rinaldi di Cirebon, Rabu (28/6) malam.

Dia mengatakan, sebaiknya para pengguna memilih hari lainnya seperti Rabu-Kamis (28-29/6) untuk menghindari kemacetan. Selain itu, pengguna jalan Tol Cipali juga sebaiknya menggunakan kartu uang elektronik (e-payment) untuk bertransaksi di gerbang tol sehingga akan memperlancar antrean saat pembayaran.

Sejalan dengan kondisi tersebut, evello melansir data yang menunjukkan data bahwa tren arus balik lebaran 2017 mulai meningkat sejak tanggal 27 Juni 2017.

Peneliti evello, Ramad Hidayat menyebutkan data arus mudik sejak tanggal 27 Juni 2017 tidak akan turun. Menurutnya hingga tanggal 3 Juli data arus balik yang terpantau evello akan terus meningkat.

Sepanjang Rabu (28/6) kemarin atau H+3 Lebaran, arus balik kendaraan dari arah Jateng ke arah Jakarta yang melewati GT Palimanan Tol Cipali Kabupaten Cirebon terus meningkat. Meski demikian, untuk arus mudik dari arah sebaliknya juga masih ramai.

Kapolres Cirebon, AKBP Risto Samodra menyebutkan, sepanjang Rabu (28/6) pukul 00.00-24.00 WIB, jumlah kendaraan dari arah Jateng ke arah Jakarta yang melewati GT Palimanan mencapai 44.425 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend