Turis Petinju Irlandia Hajar Pengeroyok di Turki Jadi Pembicaraan di Socmed

Turis Petinju Irlandia Hajar Penyeroyok di Istanbul Turki – sumber foto: Istimewa

Sebuah video yang diunggah di Youtube menjadi bahan pembicaraan heboh publik dan netizen dunia. Video dari rekaman CCTV itu memperlihatkan seorang turis, yang belakangan disebut berasal dari Irlandia, tak sengaja menumpahkan botol-botol minuman di depan sebuah toko di Istanbul Turki. Meski tak sengaja, hal ini nampaknya memancing emosi pemilik toko. Bersama beberapa orang kawannya, sang pemilik toko menghampiri turis tersebut sambil membawa pentungan.

Turis Irlandia itu berusaha memberi penjelasan, namun sepertinya sang pemilik toko tak terima dan langsung memukulnya. Sang turis berusaha keluar ke jalan, namun dikejar pemilik toko dan beberapa orang lainnya. Mereka pun mulai memukulinya dengan berbagai benda tumpul dan kursi. Tak terima, turis Irlandia yang ternyata seorang petinju profesional itu pun melawan. Meski sendirian, dia berhasil memukul balik kawanan pengeroyok itu. Bahkan, seorang diantaranya jatuh terkapar setelah terkena pukulan telak sang petinju di wajah.

Perkelahian tak seimbang ini berakhir setelah sang petinju yang masih berdiri tegak menggadapi pengeroyoknya ditenangkan oleh seseorang dan kemudian diajak meninggalkan lokasi. Tidak jelas apakah pria tersebut mengalami luka akibat pengeroyokan oleh para pedagang di kawasan Aksaray Istanbul tersebut.

Yang jelas, video berdurasi 2 menit 18 detik itu menimbulkan sensasi luar biasa di Turki dan dunia. Masyarakat Turki ramai mendiskusikan mengapa hal ini bisa sampai terjadi. Lebih dari 75,000 tweet mencuitkan soal ini dalam jangka waktu 24 jam terakhir. Banyak yang menyesalkan sikap pemilik toko dan para pedagang yang mengeroyok sang turis.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas video turis Irlandia yang dikeroyok di Turki? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 25 – 27 Agustus 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 1.192 tweet yang membicarakan tentang pengeroyokan terhadap turis petinju Irlandia di Istanbul Turki.

Netizen Indonesia menyatakan salut atas keberanian sang turis sendirian yang melawan belasan orang pengeroyok di Istanbul Turki. Lewat 485 tweet netizen menyatakan apresianya ini. Netizen juga menyebut sikap para pedagang yang mengeroyok pria tersebut tidak sepatutnya dilakukan.

Sementara itu, terkait dengan identitas pria tadi, netizen menyebutnya sebagai petinju asal Irlandia. Ada yang menyebut pria ini keturunan Kuwait dan berprofesi sebagai petinju profesional. Karenanya, lewat 422 tweet netizen nyatakan tidak heran dengan kemampuan berkelahinya.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend